Wisata Ke Pantai Indrayanti Cukup Sekali Bayar Dapat 5 Pantai Sekaligus

By Dunia Kifa - February 01, 2021

 

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti

Dewasa ini, Gunungkidul terus bersolek dengan berbagai jenis tujuan wisata. Mulai dari puncak gunung, negeri di atas awan, rumah hobbit, hingga goa dan puluhan pantai. Panjang garis pantai wilayah Gunungkidul mencapai kurang lebih 60 KM membentang dari barat hingga timur. Tidak heran jika dari panjang garis pantai tersebut, muncul puluhan destinasi wisata yang memikat. Termasuk puluhan pantai yang membentang dari ujung barat ke timur.

Pantai Indrayanti

Salah satu destinasi pantai paling cantik di Yogyakarta adalah pantai Indrayanti. Pemandangan yang lepas dengan alas pasir putih dan laut yang biru mampu memanjakan mata dalam desiran angin pantai yang memikat. Pantai Indrayanti terletak di desa Sidoharjo kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY.


Perjalanan dari Yogyakarta kota bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam dalam kondisi lalu lintas normal. Melalui jalur Jogja-Wonosari-Gading-Siyono-Tepus-Pantai Indrayanti. Terdapat banyak petunjuk di sepanjang perjalanan sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tersesat. Panjangnya perjalanan dari kota akan terbayar lunas ketika kaki menginjak butiran pasir yang lembut dan menenangkan. Apalagi pengunjung dapat memarkir kendaraan langsung di dekat pantai sehingga tidak perlu berjalan jauh untuk menikmati keindahan laut selatan.

Pantai Indrayanti juga dikenal sebagai Pantai Pulang Syawal. Namun pengunjung lebih sering menggunakan nama Indrayanti sehingga nama tersebut lebih dikenal oleh masyarakat luas. Padahal aslinya, nama Indrayanti adalah nama pemilik café dan resto di dekat pantai. Nama Indrayanti memang dipasang sebagai promo café, mungkin karena banyaknya pengunjung yang menggunakan latar tulisan tersebut si media sosial, menjadikan nama indrayanti lebih dikenal khalayak.

Satu hal yang sangat menguntungkan jika mengunjungi pantai Indrayanti atau pantai Pulang Syawal, adalah kita bisa mengunjungi empat pantai lainnya tanpa harus membayar tiket masuk lagi! ya, ketika pengunjung menuju pantai Indrayanti, ada satu TPR yang digunakan Dinas Pariwisata untuk menarik retribusi pengunjung. Jarak dari TPR tersebut ke pantai masih sekitar 3 KM. Nah, di dekat pantai (Setelah TPR), ada jalan menuju ke arah barat yang menghubungkan beberapa pantai lain yaitu: Pantai Sepanjang, Kukup, Krakal, dan Baron. Maka hanya dengan membayar TPR sebesar Rp. 10.000,-/orang (awal tahun 2018), pengunjung dapat menikmati lima pantai sekaligus.

Saat ini, di masa pandemi, mereka tetap membuka destinasi wisata dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap pengunjung diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak selama di area wisata. Mengenai harga tiket masuk, saya belum mengecek lagi ke lokasi. Hanya saja pelayanan di beberapa destinasi wisata daerah lain selama pandemi ini menaikkan harga tiket dengan menambah fasilitas masker.
Jasi, ada yang tiket awanya 10 ribu per orang, naik menjadi 15 ribu per orang dan setiap orang mendapat masker berlogo tempat wisata tersebut. Jika kebijakan yang sama juga diterapkan pengelola wisata Gunungkidul, pengunjung harus bersiap membawa uang lebih untuk membeli masker yang termasuk dalam harga tiket.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments