Kelas Gratis BRT Network

By Dunia Kifa - December 13, 2021

ikut kelas gratis SEO BRT


Setahun yang lalu saya membeli domain, tidak kepikiran sampai bisa ikut kelas SEO gratis BRT Network. Maunya cuma punya blog yang bukan subdomain penyedia blog, terus rajin nulis, udah. 

Sekitar setahun punya blog, belum banyak perkembangan yang terjadi di sini. Posting masih jarang, ngulik kode html nggak pernah karena ga paham dan ga suka, Sampai akhirnya kesempatan mendaftar dan bergabung di kelas keren ini datang. 

Kelas Pemaksa

Mau nggak mau, suka nggak suka, ya memang belajar harus dipaksa. Minimal di awal, sampai terbentuk kebiasaan. Kelas ini berhasil memaksa saya membuka halaman html, menginspeksi kekurangan, dan melakukan berbagai macam perbaikan. 

Capek? Iya. Bosen? Belum sih. Cuma pengen nyerah? Jujur, sempat iya. Tapi akhirnya nggak pengen juga. Justru pengennya sekarang, bisa bertahan sampai lulus. Kan keren kalau bisa lulus beneran. 

Baik.. Mungkin Anda penasaran kelas ini seperti apa sampai saya ingin bertahan. Apapun tugasnya, berusaha menyelesaikan. Toh emang tugas itu buat kebaikan saya dan blog ini. Jadi ya, kalau mau berhasil harus siap menyelesaikan konsekuensinya. 

Selengkapnya tentang kelas ini ada di postingan berikut:

Kelas gratis BRT Network

Di sana ada cerita singkat tentang bagaimana memulai kelas ini, hingga hasil yang diharapkan. Maka jangan heran kalau tugasnya juga aduhai. Aduh, kalau sejak awal ngeblog atau sebelum buat blog sudah ikut kelas ini mungkin perjalanan ngeblog nggak akan terasa seperti seberat sekarang. Serius. Karena kan sudah paham konsep, tinggal jalan aja. 

meta SEO inspecctor


Ya, meskipun menjaga semangat itu tidak semudah mengucapkan atau menuliskannya. Ada banyak  hal yang bisa dengan mudah mendistorsi rencana sehingga tidak dapat terlaksana dengan baik. Bergabung dengan kelas ini, saya jadi terpaksa harus mengoreksi diri, blog, dan menyusun rencana masa depan.

Ohya, ada tugas khusus yang harus saya selesaikan dan butuh bantuan banyak orang saat ini untuk lulus kelas BRT Network. Yaitu mencari 30 komentar selain dari sesama peserta kelas atau alumninya. Ngeselin, kan? Iya, sih... 30 itu banyak. Gimana caranya ya bisa sampai segitu komentarnya?

Ingin sekali saya mohon kepada pengunjung tulisan ini untuk berkunjung dan meninggalkan kometar di postingan Kelas Gratis BRT Network yang say apost di blog sebelah. Hanya untuk memenuhi syarat dan bisa lulus dari kelas? Ya, sekaligus kan biar kita bisa saling kenal lewat tulisan? 

Bisa ya, bisa? Terima kasih....

Blog dan Keterpaksaan yang Berbuah Cuan

Jadi blogger sesungguhnya memang bukan pekerjaan mudah. Kelihatannya saja nganggur, banyak di rumah, cuma nulis depan laptop, hasilnya belum tentu (yang sering ditafsirkan: kecil). Tapi bagi mereka yang paham dunia ini, setiap hari tulisan di blog bisa menghasilkan uang yang tidak biasa. 

satu artikel review jika orderan datangd ari luar negeri harganya bisa sampai $100 untuk panjang tulisan sekitar 500 kata saja. Bagaimana jika 5000 kata, bisa dapat $1000? Jangan lupa, tulisan 500 kata itu bisa selesai hanya dalam 2 jam saja jika sudah menyiapkan materinya.

Ini belum termasuk job lain, iklan,,, content placement, dan sebagainya. sumber penghasilan bloger itu tidak terbatas. Sebagaimana seorang pengusaha yang haru selalu menyiapkan amunisi terbaik untuk panggung popularitas sekaligus meningkatkan omset.

Beberapa contoh artikel bercuan di blog ini adalah Solitaire, tentang pikiran negatif, dan buku Menuju Rumah Tanpa Riba yang menghasilkan keuntungan dengan cara berbeda. Ya, namanya hidup mana ada yang tanpa canda, kan? Selain artikel bercuan, ada juga yang memang sengaja di-posting buat memuaskan otak dan hati aja. 

Keterpaksaan mengerjakan tugas kelas ini semoga menjadi awal kebaikan buat kehadiran cuan-cuan berikutnya. Semoga semakin luas juga manfaat blog ini untuk pembaca, ya. Ohya, jangan lupa tinggalkan komentar di tulisan saya tentang Kelas Gratis BRT Network di blog hijrahfinansial, ya. Sebaiknya gunakan nama agar terhitung sebagai komentar yang berkualitas. Terima kasih sudah membaca tulisan ini.

Satu lagi, Anda tidak harus meninggalkan komentar di postingan ini jika sudah berkomentar di postingan kelas BRT blog hijrahfinansial. Kalau mau dobel, silakan saja... hehe..

Terima kasih, ya.. insya Alah saya akan berkunjung juga ke blog Anda.

  • Share:

You Might Also Like

21 comments

  1. Deg deg an saya dengan ceritanya. Strong habis dan patut dijadikan motivasi. Tapi berbagi waktu dengan dunia IRT Masih sulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini ikutnya kalau longgar aja. Misal masih sulit mending cari kelas yang lebih santai, ODOP misalnya😄

      Delete
  2. Kali pertama sekelas sama mbak kifa. Dulu saat ikut ODOP, jadi muridnya mbak kifa. Belajar nulis disana selama 42 hari. Sekarang bareng lagi di OBS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asik ya... Siapapun bisa jadi guru sekaligus teman di dunia literasi ini 😄

      Delete
  3. Keren mba ❤ proses yg tidak mengkhianati hasil nih ceritanya. Saya jadi semakin semangat untuk belajar seluk beluk dunia perbloggingan 😊

    ReplyDelete
  4. Dengan senang hati memberikan koment untuk post Mba Kifa ini,...jadi mupeng ikut kelasnya, mudah2an berkesempatan juga,...semoga lulus ya mbaaa...salam blogging..:))

    ReplyDelete
  5. motivasi buat saya mbak untuk lebih banyak belajar tentang blog makasih mbak

    ReplyDelete
  6. wah terimakasih infonya ya kak :D

    ReplyDelete
  7. Mantap mbak... proses dan semangatnya...

    ReplyDelete
  8. Belum berani ikut kelas-kelas seperti itu...

    ReplyDelete
  9. Eh, kok tulisannya bikin spoiler sih mbak! Gimana cara ikut kelasnya? Btw, yg soliter itu dibayar pake dolar ya mbak? Wkwkwk ( aku sempat baca2 di blog mbak novarty)

    ReplyDelete
  10. Wah mba aku jadi penasaran sama kelasnya, soalnya aku juga pengen belajar html itu di blog. Tapi gapaham bahasa pemrograman, sedih banget. Tapi tugasnya emang amazing ya, brainstorming banget. Semangat belajarnya mba ^^

    ReplyDelete
  11. Jalan menjadi blogger memang terjal ya, Mbak.
    Tapi sebagai newbie, dapat cerita seperti ini justru jadi penambah amunisi semangat.
    Terima kasih sudah berbagi ya, Mbak.
    🤩

    ReplyDelete
  12. Semangatnya luar biasa, semoga saya juga bisa bertahan di dunia perbloging ini

    ReplyDelete
  13. Saya makin semangat mempelajari dunia perblogan. Terimakasih sharingnya

    ReplyDelete
  14. masyaa Allah demi dapat ilmu lebih dan lebih lagi ya mba, semangat mba semoa berhasil sampai selesai

    ReplyDelete
  15. tersentak baca taglinenya, bukan untuk main-main 😍

    ReplyDelete
  16. Kalau mau ikut kelasnya gimana mbak?

    ReplyDelete
  17. Kelas yang maksa banget untuk belajar. Tapi memang begitulah prosesnya :D

    ReplyDelete
  18. Beberapa kali berkunjung ke blog rekan-rekan literasi yang menuliskan tentas kelas keren ini. Semoga saya juga berkesempatan untuk meng-upgrade diri di sana.

    ReplyDelete