Blog at First Sight: Jalan Ninja Jadi Bloger Juara

By Dunia Kifa - February 12, 2022

Blog at first sight

Blog at First Sight adalah buku yang berisi 20 kisah inspiratif dari 20 bloger pelanggan juara berbagai macam lomba menulis di Indonesia. Buku ini cocok dibaca oleh bloger pemula, atau bloger wannabe. Tujuannya satu sih, biar setelah baca angannya nggak melayang, karena berpikir menang lomba dan kaya dari blog itu gampang.

Selama ini bertebaran tips dan trik cara mudah membuat blog, mempercantik, sampai bagaimana menghasilkan uang darinya. Cerita-cerita tentang kesuksesan para bloger ini begitu menggiurkan. Siapa sih yang nggak pengen ikutan ‘cuma’ nulis tapi hasilnya bisa menyaingi manager perusahaan?

Kenyataannya, perjuangan para bloger profesional tidak sesederhana itu, sayang. Ada malam-malam yang harus direlakan dari tidur lelap. Ada kecewa yang harus dihadapi saat harapan tak sesuai kenyataan. Ada banyak skill selain menulis yang harus diasah. Apa saja yang harus dilakukan untuk jadi bloger pemenang lomba?

Perlu Kerja Keras

Menjadi seorang bloger ternyata tidak hanya dituntut untuk bisa menulis lalu memublikasikannya di blog. Tidak hanya belajar bagaimana membuat tulisan yang baik, tapi juga belajar berbagai macam gaya tulisan yang mudah diterima pembaca, lengkap dengan teknik blogging.

Buku Blog at First Sight yang ditulis oleh 20 bloger Indonesia ini berisi tentang kisah jatuh bangun mereka dan apa yang sudah dilakukan untuk bertahan hingga menjadi pemenang. Bukan sekadar kisah sukses yang menutupi kegagalan. Justru dengan kegagalan itulah, seseorang harus lebih kuat, mau belajar lebih keras lagi.

Jika misalnya beberapa kali ikut lomba kemudian tidak masuk nominasi dan memilih menyerah maka selesai sudah perjalanan seorang bloger. Lain cerita jika ia mau membangun semangat lagi, ikut lomba lagi, membaca lebih banyak, lebih teliti, menulis lebih baik, insya Allah kesempatan menjadi pemenang semakin terbuka.

Bagaimana denganku? Membaca buku ini membuatku otomatis menengok cermin. Apakah jejakku akan mengikuti mereka? Haruskah aku menjadi pemenang banyak lomba blog seperti mereka? Atau aku masih nyaman berada di zona ini, melegitimasi banyak alasan?

Dunia kifa ini umurnya baru setahun. Masih batita, kalau ukuran anak ya. Belum pandai dia bermain, berlari, merajuk. Belum banyak waktuku tersita untuknya. Bahkan tulisan ini  saja, berapa lama baru terbit setelah tulisan sebelumnya?

Masih banyak yang harus dilakukan untuk blog ini, jika ingin seeksis mereka. Masih berat tugas jika dipikul semuanya. Tapi tidak, aku memilih untuk menikmatinya. Saat musim hujan begini, selama masih tinggal di rumah ini, sinyal akan lebih sering hilang. Aku tidak akan menyalahkannya, karena nongkrong di luar juga bukan solusi.

Akan ada saat di mana aku akan menjadikan blog sebagai salah satu prioritas harian, tapi tidak sekarang. Tepatnya, belum. Jadi sementara ini, nikmati dulu proses belajar apa yang harus dilakukan buat blog baru, sambil praktik langsung. Sekuatnya, sebisanya mengatur waktu dan tenaga.

Harus Rela Selamanya Jadi Pembelajar

Menjadi bloger berarti siap untuk selamanya menjadi pembelajar. Jangan dikira Blog at First Sight bicara tentang betapa pandai mereka mengelola blog, membuat tulisan, mengikuti lomba, hingga akhirnya jadi pemenang. Tidak, bukan itu fokusnya.

Justru buku ini mengajarkan pembaca untuk sadar bahwa menjadi bloger berarti tak akan pernah bisa dianggap pandai atau ahli. Karena teknologi terus berkembang, blog pun terus mengalami perubahan fitur, fungsi, teknik dan banyak ilmu baru tentangnya. Jadi, jangan bosan belajar terus, ya.

Energi Khusus Bloger Profesional

Ada sebuah rahasia yang menjadikan seorang bloger dianggap profesional. Mereka paham betul teknis pengelolaan blog, baik hati berbagi ilmu, dan bisa menyajikan tulisan yang dicari oleh pembaca. Rahasia itu adalah: alasan nge-blog.

Percayalah, setiap bloger itu punya alasan kuat mengapa mereka mau meluangkan waktu, menghabiskan tenaga, investasi ilmu, dan terus menulis untuk dipublikasikan lewat blog. Alasan yang membuat energi mereka seolah tidak pernah habis  karena usia, tapi mungkin habis karena tak ada stok camilan di meja.

Pesan Khusus dari Para Penulis

Blog at First Sight menyajikan inspirasi dari 20 penulis yang sudah lama mengelola blog dan menghasilkan uang darinya. Selain cerita sukses, mereka juga membagi pengalaman apa saja kesulitan yang pernah dihadapi. Cerita mereka mengandung beberapa pesan khusus:

1. Nikmati Prosesnya

Jika sudah jatuh cinta dengan membaca dan menulis, menuangkan ide melalui blog selalu menjadi hal menarik. Ada kepuasan tersendiri ketika tulisan itu dibaca orang, menginspirasi, atau bahkan memberi solusi. Maka jangan pernah ingin menjadi bloger karena terpaksa.

Seseorang bisa dengan mudah menghabiskan waktu dan tenaga, rela melakukan apapun demi kebaikan sesuatu atau seseorang yang dicintainya. Begitu juga jika sudah sayang dengan blog, pasti enggan berpisah terlalu lama.

2. Turunkan Ekspektasi

Terutama saat mengikuti lomba, Blog at First Sight tidak menyarankan untuk berharap tulisan kita segera menang. Kuncinya adalah, buat dulu tulisan versi terbaik, ikuti syarat dan ketentuannya dengan teliti, dan lupakan. Poin terakhir adalah kata lain dari berserah setelah banyak berdoa.

Jika kemudian tulisan itu menang lomba, anggaplah bonus. Tujuan dibuatnya tulisan itu awalnya lebih untuk menginspirasi pembaca, kan? Yakin saja, justru kalau harapan untuk menang terlalu tinggi, lebih sering hasilnya tidak sesuai ekspektasi.

3. Cintai Dunia Pilihanmu

Ya, kalau sudah memilih menulis sebagai hobi, membaca sebagai jalan ninja menghasilkan tulisan, ya tekuni. Jangan setengah hati atau labil. Sekarang semangat, dua tiga bulan kemudian hilang dari peredaran. Kalau semangat yang ada belum bisa bertahan lama, latihan dulu saja.

Coba tantang diri sendiri dengan target-target kecil, ikut komunitas, mencari teman seperjuangan. Pasti lingkungan yang mendukung seperti ini akan menyuntikkan semangat.

Terakhir, kalau ingin menyerap semua energi positif yang penulis bagikan lewat buku Blog at First Sight ini, bacalah sendiri. Silakan beli, atau pinjam juga boleh. Penting judulnya baca, mau dapat dari mana buku aslinya, bebas asal legal ya.

Judul: Blog at First Sight

Penulis: 20 Bloger Indonesia

ISBN: 978-623-373-194-2

Penerbit: Dandelion Publisher

Tahun Terbit: 2022

  • Share:

You Might Also Like

14 comments

  1. Kalimat yang paling hebat selama saya membaca blog, mbaa,

    “Harus rela selamanya jadi pembelajar”

    👏👏👏

    ReplyDelete
  2. Cocok nih untuk pemula seperti saya.

    ReplyDelete
  3. Hasil terbaik, pasti ada upaya yg maksimal dibaliknya.

    ReplyDelete
  4. Cocok banget nih untuk referensi blogger pemula. Thank you sharingnya, Kak

    ReplyDelete
  5. Benar-benar memberikan insight bagi saya blogger pemula yang masih sering malas nge-post tapi pingin banyak pengunjung.

    ReplyDelete
  6. Pengen baca dong.. trims untuk sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  7. "nikmati prosesnya" huhu saya pun masih menikmati proses ngeblog, kadang agak terpukau dengan blogger yg udah sukses tp inget lagi, eh dia kan sdh melewati tahap ini dan itu

    ReplyDelete
  8. Saya penasaran sama isi buku ini. Alhamdulillah dapat reviewnya, apalagi bagi newbie, sya harus banyak belajar dari para blogger yang sudah berpengalaman.

    ReplyDelete
  9. Bukunya kayaknya seru. Bener, harus terus mau belajar dan jangan terlalu berkekspektasi, karena yang penting prosesnya. Biar nulis tetap enjoy

    ReplyDelete
  10. Terima kasih atas review-nya, mba!

    ReplyDelete
  11. I just stumbled upon to this blog and I enjoyed it. 바카라사이트

    ReplyDelete