Solitaire: Game Untuk Mengasah Kecerdasan Logika

By Dunia Kifa - November 23, 2021

solitaire


Para pengguna komputer dengan sistem operasi Windows pasti tidak asing dengan Game Solitaire, Pinball, Minesweeper, dan sejenisnya. Saya sendiri mengenalnya karena dulu, di laboratorium komputer sekolah, game tersebut menjadi program bawaan yang otomatis terpasang di sistem Windows PC.

Zaman sepuluh tahun lalu, permainan bawaan Windows masih terbatas pada penyusunan kartu, penyelesaian misi, atau perang sederhana dengan robot musuh. Belum ada game online dengan beragam pilihan seperti sekarang. Paling banyak anak muda memilih bermain PS yang memiliki tantangan lebih seru daripada game PC.

Sekarang banyak orang tua yang berusaha melarang anaknya terlibat dalam game online. Berdasarkan banyak penelitian, memang terbukti bahwa dampak negatif menghantui anak dan remaja setelah kecanduan game. Dalam kehidupan pribadi, tidak sedikit dari mereka yang anti sosial dan tempramental karena terlalu banyak berinteraksi dengan game online.

Dampak Positif Game

Benarkah permainan seperti Solitaire, Pinball, dan banyak game yang tersedia secara daring saat ini hanya memiliki dampak negatif? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Rifki Elindawati dari IAIN Ternate mengungkapkan sebaliknya.

Bagi anak dan remaja, game bisa menjadi sarana bersosialisasi, melatih kecepatan berpikir, melatih otak mengatur strategi agar menang, hingga melatih kesabaran dan mengusir rasa malas. Dengan catatan khusus, permainan dilakukan sesuai batasan usia dan kemampuan anak. Jika porsi bermain lebih banyak dari kegiatan lain, ya memang harus diwaspadai.

Game Pilihan

Untuk mendapat manfaat dari game, tentu kita harus selektif dalam memilih. Karena tidak semua permainan yang tersedia membawa pengaruh positif. Tidak sedikit game yang justru memompa adrenalin terlalu keras sehingga memicu otak bertindak brutal atau asusila.

Memilih game perlu menyesuaikan dengan waktu luang, kemampuan, minat, dan tujuan yang ingin dicapai. Jika bermain tujuannya sekadar mencari hiburan, maka game yang bisa meningkatkan mood bisa dipilih. Jika tujuannya adalah mengasah kemampuan logika, maka pilih game dengan tantangan yang menarik.

Game yang bisa mengasah kemampuan logika dapat berupa misi menyelesaikan proyek tertentu. Tipe game ini juga perlu disesuaikan lagi dengan minat, apakah Anda orang yang suka bermain beramai-ramai atau lebih nyaman ketika sendiri?

Permainan dengan tim memungkinkan Anda bersosialisasi dan melakukaan koordinasi untuk mencapai kemenangan. Akan tetapi jika Anda adalah tipe introvert, maka bermain tanpa pesaing bisa menjadi pilihan terbaik.

Salah satu pilihan game terkenal yang tidak membutuhkan pemain musuh saat menyelesaikan misi bisa Anda dapatkan di Solitaire.org. Di sini ada ratusan game pilihan yang dapat Anda mainkan tanpa perlu memasangnya pada perangkat. Ya, Solitaire kini bisa dimainkan secara online melalui browser.

Solitaire: Game Untuk Mengasah Kecerdasan

Sisi terbaik dari permainan melalui browser adalah karena pengguna tidak perlu melakukan install dan update setiap ada pembaruan versi. Ada banyak pilihan ragam permainan yang disediakan oleh Solitaire untuk para gamers, berikut diantaranya:

1. Solitaire Card Games

Beberapa jenis permainan Solitaire card memiliki  menata 52 kartu sesuai dengan urutan dan jenisnya. Misal gambar hati, diurutkan mulai dari A, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K. Solitaire memiliki setidaknya 19 jenis permainan kartu. Ada yang bisa Anda mainkan sendiri, ada juga yang membutuhkan lawan.

solitaire-card-spider


Untuk permainan dengan lawan, Anda bisa menang ketika berhasil merangkai kartu dengan urutan nilai terbesar, persis seperti di film judi. Tentu butuh strategi khusus dan kemampuan logika yang kuat agar bisa menang di permainan ini.

2. Mahjong Games

Mahjong adalah permainan kartu untuk mencari gambar serupa. Lambang yang dipakai biasanya khas dari Tiongkok. Ada gambar bambu, tulisan cina, simbol, bunga, garis, dan sebagainya.

solitaire-mahjong-daily


Pemain hanya perlu memilih dua gambar yang sama, secara otomatis kedua gambar tersebut akan menghilang dan skor bertambah. Lakukan pemilihan tersebut sampai selesai, kemudian tingkatkan permainan ke level yang lebih tinggi jika sudah dirasa mudah menyelesaikan misi tersebut.

3. Logic-Puzzle Games

solitaire-minesweeper


Seperti namanya, permainan ini membutuhkan analisa logis yang mumpuni. Salah satu permainan yang paling populer adalah Minesweeper, jika Anda salah pilih kotak, maka bersiaplah terkena bom dan kalah.

logic-puzzle-solitaire


Ada banyak jenis misi puzzle yang bisa dipilih pada kategori ini. Anda bisa mewarnai, bermain catur, menghubungkan angka dengan jembatan, bermain domino, atau 45 lebih pilihan permainan lain di grup ini.

4. Word Games

Rubrik khusus permainan kata menyediakan teka teki silang, tebak kata, puzzle kata, atau sesuatu yang mirip sudoku namun menggunakan huruf. Favorit saya pada permainan kata adalah Daily Word Search. Lumayan kan main  bisa sambil nambah kosakata.

solitaire-find-words


5. Hidden Object Games

Permainan ini cocok dimainkan oleh anak-anak untuk melatih ketelitian dan rasa sabar. Ada 8 pilihan misi: China Temple, Circus Adventure, Garden Secret, Hidden Kitchen, Hidden Princess, Medieval Castle, Pirates and Treasures, dan The Palace Hotel.

solitaire-secret-garden

Masing-masing pilihan tersebut memiliki 3-10 level yang harus diselesaikan, dengan jumlah barang yang harus ditemukan beragam. Semakin cepat Anda berhasil menyelesaikan misi, semakin baik permainan Anda.

Mayoritas permainan di Solitaire bisa diselesaikan dengan pemain tunggal. Anda tidak perlu repot mencari musuh untuk menyelesaikan misi. Sebelum memilih mana permainan paling favorit, Anda bisa mencoba untuk memainkannya dan berganti jika tidak tertarik. Jadi semakin mudah untuk menghibur diri, kan?

  • Share:

You Might Also Like

0 comments