Cara Mengelola Pikiran Negatif Ini Penting Dikuasai, Jangan Lewatkan!

By Dunia Kifa - October 24, 2021

 

mengelola-pikiran-negatif-plays-org


Ada dua jenis pikiran yang selalu menguasai diri manusia, yaitu positif dan negatif. Pikiran positif dapat berwujud rasa senang, bahagia, puas, nyaman, yang tampak pada perilaku seperti senyum, ucapan, dan sikap yang baik. Sementara pikiran negatif biasanya berwujud rasa cemas, khawatir, prasangka, marah, kesal, yang berdampak pada ucapan dan sikap yang buruk.

Ketika seseorang sedang dikuasai oleh pikiran positif, maka apapun yang terjadi dan harus dihadapi akan dapat dikendalikan dengan cara yang baik. Sebaliknya, jika pikiran negatif berkuasa, ada banyak akibat yang tidak diinginkan bisa terjadi tanpa kendali. Misalnya rasa marah, bisa menimbulkan ucapan tidak menyenangkah yang ketika didengar orang lain justru melukai hatinya.

Mending ya, kalau sekadar ucapan. Ada banyak cerita pilu terjadi dan diberitakan sehingga viral, anak melukai bapaknya, pemuda menyakiti temannya, dan sebagainya. Sikap negatif merupakan manifestasi dari energi negatif yang tidak terkendali.

Pikiran Negatif Memicu Penyakit

Tidak hanya sikap dan orang lain yang mungkin menjadi korban adanya pikiran negatif yang berkuasa. Banyaknya pikiran negatif yang muncul dapat mengakibatkan seseorang merasa depresi dengan hidupnya.

Jangankan banyak, satu atau dua pikiran negatif saja yang dipelihara, bisa menghambat kita untuk melakukan banyak hal. Contoh sederhana ketika kita dikuasai prasangka, “Jangan-jangan, kalau aku begini jadinya begini..” atau “Wah, itu kan akibatnya… aku nggak mau begini, nanti…” dan sebagainya. Nah, setelahnya pasti untuk melakukan sesuatu banyak merasa khawatir dan cemas.

Akibat yang lebih luas, seperti yang diulas dalam jurnal kesehatan, depresi dapat memperburuk risiko stroke, gangguan pencernaan, hingga mengganggu daya ingat. Muchamad Mutohar dalam artikelnya yang diterbitkan oleh UIN Walisongo juga mengungkapkan bahwa pikiran negatif bisa membuat degup jantung lebih kencang, tekanan darah naik, mempercepat napas, tubuh gemetar dan suhu berubah sehingga berpengaruh pada sistem syaraf dan kekebalan tubuh.

Kondisi ini membuat nafsu makan menurun, kondisi tubuh lemah, dan penyakit lain rentan masuk dengan mudah. Jika sedikit saja pikiran negatif dapat memicu begitu banyak gangguan, apalagi banyak? Maka sebaiknya, segera ari solusi terbaik untuk mengendalikan pikiran negatif ini sebelum terlambat.

Cara Mengendalikan Pikiran Negatif

Adanya pikiran negatif yang datang itu sebenarnya wajar, tapi ketika sudah berlangsung lama dan dibiarkan, ini akan menimbulkan masalah. Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan agar pikiran negatif tidak berlarut-larut:

1.      Pola Makan Sehat

Apa yang kita konsumsi, akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan jiwa dan raga. Selama makanan kita baik dan halal (khusus bagi muslim), meskipun sederhana dan tidak mahal, tidak akan menimbulkan penyakit selama dikonsumsi sewajarnya. Beda cerita jika makan makanan sehat dan baik namun berlebihan, pasti tubuh tidak akan mampu memproses dengan baik dan akan menumpuk di tubuh sebagai masalah baru.

2.      Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat meliputi durasi istirahat cukup dan berkualitas, olahraga teratur, kebiasaan hidup bersih, dan selalu berusaha memelihara pikiran positif. Orang dengan pola hidup terjaga cenderung jauh lebih sehat dibanding mereka yang jam tidurnya tidak teratur, jarang olahraga, dan banyak memelihara prasangka.

3.      Kelola Stres

Mau tidak mau, suka atau tidak suka, stress selalu hadir menyapa setiap orang di tengah kesibukannya melakukan banyak hal. Ketika serangan ini datang, maka kita harus tanggap dan mampu mengelolanya dengan baik. Beberapa terapi spontan yang bisa dilakukan diantaranya adalah tarik napas dalam dan hembuskan perlahan, minum air mineral, dan ambil posisi nyaman sampai stress mereda.

4.      Alihkan Perhatian

Ketika sesuatu terjadi dan kita sadar pikiran negatif menguasai, maka mengalihkan perhatian pada sesuatu yang tidak berhubungan dengan sumber masalah bisa menjadi solusi. Misal ketika penat dengan rutinitas harian, saat liburan bisa memilih pergi ke tempat yang menyenangkan dan menenangkan. Bisa ke taman, tepi sawah, pantai, gunung, atau ke bioskop untuk menikmati film.

5.      Bermain Game

Ini adalah cara paling murah dan praktis untuk mengelola pikiran negatif. Saya pribadi lebih suka membuka situs permainan gratis dan memilih beberapa game yang asik di plays.org. Selain untuk mengelola pikiran negatif, bermain game juga bisa mengasah kemampuan logika otak dan menajamkan ingatan demi mengatur stategi. Mau rekomendasi permainan gratis ala duniakifa? Simak ya:

1.      Tom and Jerry Parade Prank

Masih ingat permainan ular di HP Nokia jadul? Ular akan terus membesar selama bisa menemui makanan dan tidak menabrak dinding. Nah, permainan ini mirip sekali cara mengendalikannya. Yang penting jangan biarkan si ular menabrak dinding atau tubuhnya dan selalu bisa menemukan makanan, semua akan baik-baik saja.

parade-pranks-plays-org


2.      Defend the Sewers

Masih ingat game Zuma yang eksis di tahun 2000an? Permainan ini mirip sekali caranya dengan Defend the Sewers. Kita hanya perlu menembakkan bola yang sama warnanya sehingga iring-iringan bola warna warni itu tidak masuk ke dalam lubang lalu akhirnya kita kalah. Sekilas permainan ini tampak mudah, tapi setelah dipraktikkan ternyata butuh konsentrasi tinggi untuk menyelesaikannya.

defend-the-sewers-plays-org

Time Travel

time-travel-plays-org


Nah, game ini cocok untuk anak-anak yang mau belajar mengenal waktu. Model jamnya bisa dipilih antara analog atau digital. Setelah semua misi yang ditugaskan selesai, kita bisa naik level dengan tugas yang lebih sulit. selamat mencoba!

3

time-travel-plays.org
Selain beberapa game di atas, masih ada puluhan bahkan ratusan permainan terbaru bisa diakses di sana. Kita bisa memilih sesuai label, ada permainan khusus untuk anak, match, pertahanan, petualangan, dan sebagainya. Lumayan lah ya untuk mengelola pikiran negatif biar nggak semakin liar.

6.      Menekuni Hobi

Kalau nggak suka main game gimana caranya mengelola pikiran negatif? Ya, Anda masih bisa menekuni hobi. Misal suka memancing, pergilah ke kolam pancigan atau sungai besar yang banyak ikan. Atau suka berkebun, bisa sekalian mempercantik tata ruang di rumah dan taman, kan? Apapun itu, jangan biarkan pikiran negatif menguasai diri terlalu lama, ya.

 

 

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. I book marked it to my bookmark webpage list and will be checking back in the near future. Please visit my web site too and let me know what you think.
    토토사이트
    온라인경마

    ReplyDelete