Friday 4 March 2022

Menjelajah Waktu Bersama Shaidul Khatir Ibnu Al Jauzi

Shaidul-khatir-ibnu-al-jauzi


"Saya cerdas, tapi belum tentu menang dalam menghadapi hidup,". Kalimat inilah yang terlintas di kepala saat melihat promo buku Shaidul Khatir karya Ibnu al Jauzi di Islamic Bookfair Jakarta 2019 lalu. Selanjutnya buku dibeli, dan tidak langsung dibaca. 

Maksudnya baca cuma berapa halaman, lalu tinggal. Ternyata bahasanya berat sekali, harus konsentrasi dan berada dalam kondisi butuh asupan nasehat saat membacanya. Kalau sedang "bebal", alamat nasehat dalam buku ini cuma lewat. 

Menjelajah Waktu Lewat Buku

Shaidul Khatir adalah sebuah catatan hikmah sepanjang perjalanan hidup yang dilalui oleh Imam Ibnu al Jauzi. Ternyata dari waktu ke waktu, tabiat dan perilaku manusia tidak banyak berubah. Sejak zaman tradisional hingga modern, selalu ada orang-orang yang tamak terhadap harta dan jabatan. Ada yang suka mencuri kesempatan, dan berbuat culas kepada sesama. 

Ada juga manusia yang berhasil memahami titah Tuhannya dengan baik, sehingga mampu bersikap baik selama hidup. Ia bahkan bisa memenangkan perhatian manusia dan menjadikannya beruntung di  hadapan Tuhannya. 

Menurut Dr. Aidh Abdullah al Qarni dalam pengantar kitab ini, Imam Ibnu al Jauzi adalah seorang ulama yang mengamati masalah kehidupan dan menawarkan solusinya yang dapat diterapkan sepanjang zaman. Maka wajarlah jika ketika membaca kitab ini, rasanya seperti menjelajah lorong waktu. 

Para ulama lain seperti Imam Ibnu Katsir, Ibnu Khalliqan, Imam adz Dzahabi, Abu Abdillah bin ad Dabitsi pun melontarkan pujian kepada Imam Ibnu al Jauzi. Beliau adalah ulama yang dikenal bukan karena hafalannya atas ayat dan hadits, yang memang beliau kuasai. Imam Ibnu al Jauzi lebih dikenal sebagai ulama yang menguasai banyak ilmu dan banyak menuliskan kitab. 

Pembahasan Dalam Shaidul Khatir

Ada ratusan pembahasan yang tercantum dalam kitab Shaidul Khatir karya Imam Ibnu al Jauzi ini. Mulai dari pembahasan kehidupan sehari-hari manusia sebagai pribadi, hingga kehidupan para ulama yang menjadi pilar dakwah di tengah masyarakat. 

Ada pembahasan mengenai hakikat sabar, petaka maksiat, mengatasi gejolak nafsu, keinginan dalam diri manusia, nasehat untuk berhati-hati sekalipun terhadap yang mubah, hingga bagaimana menjaga hati agar tetap lembut. 

Daftar isi shaidul khatir


Pembahasan mengenai kehidupan sosial banyak menerangkan tentang kondisi ulama yang adakalanya tidak se-ideal harapan manusia. Mereka yang memilih zuhud namun menipu kemampuan diri sendiri, pentingnya menggunakan akal dan syariat sekaligus. 

Apa yang sebenarnya kita cari selama hidup di dunia ini? Apakah mengumpulkan harta? Atau ingin menuju kehidupan akhirat dengan bahagia sehingga dunia mengikutinya? 

Sungguh, manusia tidak pernah benar-benar punya alasan untuk memiliki segala sesuatu saat mampir di kehidupan dunia ini. Maka hidup yang sebentar sebaiknya digunakan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin bekal berupa amal menuju kehidupan abadi. 

Quote Shaidul khatir


Bekal Taqwa dan Hidup Seimbang

Kemudian pada praktiknya, kita dituntut untuk mampu menciptakan keseimbangan antara mempersiapkan kehidupan akhirat dan menikmati kehidupan dunia yang fana. 

Apakah ini mudah? Tentu tidak. Ada banyak sekali godaan setan yang harus dihadapi setiap saat. Keinginan untuk cepat menuai hasil, ujub, takabur, atau tamak terhadap pencapaian duniawi. Sungguh, mewujudkan kehidupan yang seimbang antara dunia dan akhirat tidak mudah meskipun sudah tau kuncinya: memelihara taqwa. 

Dengan taqwa, harusnya kita tidak hanya condong pada ritual ibadah dan mengabaikan pekerjaan dunia. Karena sebaik-baik ummat adalah yang tetap bisa makan dari hasil keringatnya sendiri. Pun bukan yang diperbudak oleh dunia sehingga lupa setelah mati hendak pulang ke mana. 

Taburan Quotes

Kitab Shaidul Khatir karya Imam Ibnu al Jauzi ini tidak hanya menawarkan pelajaran berharga yang harus dikuasai setiap insan. Desain buku hard cover dan full color membuatnya semakin menarik dengan adanya highlight kata mutiara di setiap halamannya. Sejak halaman pertama hingga terakhir, bertabur kalimat pendek penggugah semangat dan penuh hikmah. 

Doa dalam Shaidul khatir

Karya yang ditulis dengan hati, dengan mudah untuk sampai ke hati. Tulisan ulama yang tajam sebagai hasil pengamatannya terhadap kehidupan, membuatnya dapat dinikmati sepanjang zaman. Meskipun ada beberapa bagian dalam kitab Shaidul Khatir ini yang seolah sudah ketinggalan zaman, tapi ratusan bagian lain sungguh relevan. 

Tidak heran jika di zaman modern ini masih ada penerbit yang mencetak ulang karya para ulama, karena ternyata nasehat dalam karya mereka harusnya dibaca oleh setiap generasi. Ah, rasanya tulisan ini terlalu dangkal untuk menggambarkan isi kitab yang luas dan dalam. 

Terakhir sebagai pembaca, saya menjadikan kitab Shaidul Khatir ini sebagai salah satu penasehat hidup. Tidak perlu lagi berurutan dari halaman pertama untuk membacanya, karena kitab ini tidak didesain dengan alur tertentu, sehingga bisa dinikmati dari halaman berapapun. 

Judul: Shaidul Khatir

Penulis: Ibnu al Jauzi

Penerbit: Maghfirah Pustaka

Penerjemah: Samson Rahman, MA. 

ISBN: 979-98464-4-7

20 comments:

  1. It's really nice and meaningful. it's really cool blog. 토토사이트

    ReplyDelete
  2. I feel happy about and learning more about this topic. Keep sharing your information regularly for our future reference. 바카라사이트닷컴

    ReplyDelete
  3. It's really pleasure to read your post. Thank you so much for writing such a nice post. 파워볼사이트닷컴

    ReplyDelete
  4. Outstanding blog appreciating your endless efforts in coming up with an extraordinary content. 온라인바둑이

    ReplyDelete
  5. Great Post !! Very interesting topic will bookmark your site to check if you write more about in the future. This post is really astounding one! I was delighted to read this, very much useful. Many thanks Feel free to visit my website; 바카라사이트

    ReplyDelete
  6. I got a weblog from where I be able to actually take valuable facts concerning my study and knowledge.
    스포츠토토탑

    ReplyDelete
  7. I got this site from my friend who shared with me concerning this
    website and now this time I am visiting this website and reading very informative articles or reviews here. 스포츠토토핫

    ReplyDelete
  8. You have performed a great job on this article. I was looking for this kind of information and enjoyed reading this one. 슬롯머신

    ReplyDelete
  9. Everyone 텍사스홀덤사이트 an extremely breathtaking chance to read from this blog.

    ReplyDelete
  10. Good site! I really love how it is nice on my eyes it is. I am wondering how I might be notified whenever a new post has been made. I�??ve subscribed to your RSS feed which may do the trick? Have a nice day!
    카지노

    ReplyDelete
  11. It's amazing that you have that kind of idea writing this article. Thank you for valuable article.
    포커게임

    ReplyDelete
  12. fastidious piece of writing and pleasant urging commented here, I am truly enjoying by these.
    카지노사이트

    ReplyDelete
  13. This web site truly has all the information
    슬롯머신

    ReplyDelete
  14. Good day, Could I export your image and utilize it on my own website?
    바둑이사이트넷

    ReplyDelete
  15. you are truly a good webmaster. The web site loading velocity is incredible.
    토토

    ReplyDelete
  16. I must say you have written a great article. The way you have described everything is phenomenal.
    온라인카지노

    ReplyDelete
  17. This content data gives truly quality information.I’m very happy to find this website카지노사이트

    ReplyDelete
  18. "Menjelajah Waktu Bersama Shaidul Khatir" adalah karya terdengar seperti judul buku dan karya seni, namun tidak memiliki informasi spesifik dan tidak dapat memberikan informasi rinci. Jika membantukan konteks or detail oleh "Menjelajah Waktu Bersama Shaidul Khatir," akan memberikan relevant informasi senang hati Abogado DUI Fairfax.

    ReplyDelete
  19. Inspired by the eminent philosopher Ibn al-Jawzi, "Menjelajah Waktu Bersama Shaidul Khatir Ibnu Al Jauzi" provides an engrossing voyage through time, steered by the knowledge of Shaidul Khatir. The book invites readers to consider their lives and the passage of time by deftly fusing moral teachings, spiritual insights, and historical events. It promotes reflection and self-improvement via engaging narrative and insightful lessons. The stories will captivate readers and encourage them to apply Ibn al-Jawzi's timeless knowledge to their own lives. For this reason, this book is an invaluable resource for anybody looking to grow personally and achieve enlightenment.
    estate planning lawyer fairfax va

    ReplyDelete