Sunday 30 April 2023

Peran IndiHome Dalam Perjalanan Konten Hijrah Finansial

  

IndiHome-2

Hijrah Finansial adalah salah satu blog khusus yang didominasi tentang materi Ekonomi Syariah. Ini adalah wadah idealis saya sebagai lulusan Keuangan Syariah untuk menuangkan dan menyebarluaskan pemahaman tentang penerapan sistem ekonomi syariah di Indonesia.

Kenapa Hijrah Finansial Penting?

Jujur, saat pertama kali mengenal dan belajar tentang sistem keuangan Islam di bangku kuliah, saya berpikir ilmu ini biasa saja. Dalam mindset saya, ilmu ini memang seharusnya dipahami oleh setiap umat Islam di mana pun berada. Semakin dewasa dan berkesempatan melanjutkan studi di bidang yang sama tingkat magister, saya menyadari pemahaman tersebut salah.

Kita bicara fakta, saat ini pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia baru mencapai 7,09% dari seluruh aset perbankan. Artinya, 93% lainnya masih didominasi oleh aset perbankan konvensional. Sementara menurut data statistik, 85% penduduk Indonesia adalah muslim. Lalu mengapa harta umat Islam pun masih dominan masuk ke industri perbankan konvensional?

Fakta tersebut adalah alarm, bahwa ternyata dari 85% penduduk muslim di Indonesia, hanya 7% dari seluruh aset keuangannya masuk ke data statistik perbankan syariah. Sisanya, begitu banyak muslim yang lebih percaya pada bank konvensional. Apa penyebab sebenarnya? Baik, saya tahu ada stigma negatif yang berkembang, yaitu asumsi bahwa bank syariah sama saja dengan bank konvensional. Tentu saja harus ada upaya untuk membalikkan asumsi tersebut karena memang tidak sesuai konsep dasar ilmunya.

Inilah salah satu alasan bagi saya berpikir bahwa “Hijrah Finansial” harus dikampanyekan se-masif mungkin agar semakin banyak umat Islam yang mengenal industri perbankan syariah. Selain itu, stigma negatif tentang perbankan syariah sudah saatnya dilunturkan dengan berbagai konten positif tentang industri ini.

Istilah “Hijrah Finansial” kami harap mampu menggiring opini bahwa bukan hanya pakaian, penampilan, dan rutinitas ibadah yang membutuhkan hijrah. Lebih dari itu, pada tataran praktis, pengelolaan keuangan pun perlu hijrah dari konsep konvensional meuju syariah. Hal ini tentu membutuhkan gerakan khusus terutama di dunia maya yang menjadi “sarang” generasi muda.

Selain blog dan channel YouTube dengan tajuk Hijrah Finansial, beberapa perusahaan keuangan syariah juga menggunakan frase tersebut untuk mengampanyekan sistem keuangan syariah. Kami bersyukur, berbagai konten positif dengan kata kunci “Hijrah Finansial” semakin dikenal luas, salah satunya adalah berkat adanya jaringan IndiHome sebagai internet provider terbaik di tanah air.

internet-Unlimited
Sumber: indihome.co.id

Peran IndiHome Dalam Perjalanan Hijrah Finansial

IndiHome memiliki peran besar dalam perjalanan konten demi konten yang disajikan oleh Hijrah Finansial. Sebagai perusahaan penyedia jaringan internet nirkabel yang menjangkau hampis seluruh pelosok tanah air, siapa lagi yang paling mampu menyebarkan konten ke seluruh penggunanya? Tidak hanya itu, para pembuat konten hijrah finansial, termasuk saya sangat bersyukur karena salah satu produk Telkom Indonesia ini mudah dijangkau dan diakses di mana pun.

Tidak ada lagi alasan keterbatasan jaringan atau lemahnya sinyal internet. Karena internet provider milik jutaan rakyat Indonesia ini tersebar hampir di semua tempat, baik wilayah perkotaan maupun pedesaan. Saya yakin, konten-konten positif ajakan untuk hijrah secara finansial yang disebarluaskan oleh jaringan Telkom Indonesia ini juga yang menggerakkan hati sebagian umat Islam. Sehingga pangsa pasar yang sebelumnya hanya berkisar di angka 5% kini meningkat jadi 7%.

Tentu masih banyak PR yang harus dikerjakan oleh praktisi dan akademisi keuangan syariah, agar semangat hijrah juga membara di bidang finansial. Tujuan jangka panjang dari kampanye ini bukan hanya dominasi angka dalam data statistik. Lebih dari itu, kita semua menginginkan keberkahan hidup, baik melalui jalan ibadah, kehidupan sehari-hari, termasuk di dalamnya adalah bidang ekonomi.

 

 

 

1 comment:

  1. "Hijrah Finansial" adalah inisiatif yang penting dan inspiratif dalam memperluas pemahaman tentang Ekonomi Syariah di Indonesia. Dengan fokus pada penyebaran informasi positif, blog ini memberikan kontribusi berarti untuk mengubah paradigma dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya perbankan syariah. Semoga upaya ini dapat mendorong lebih banyak umat Islam untuk memilih opsi keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip mereka. Teruskan langkah positifnya!
    new york uncontested divorce instructions

    New York Uncontested Divorce Lawyer

    ReplyDelete