Kraft Crolette Menu Unik Buat Sahur Makin Semangat

By Dunia Kifa - April 14, 2022

 

kraft cheddar asli

Sahur itu nggak enak. Rasanya tidak ada manusia yang bisa menikmati makan sesaat setelah bangun tidur. Otak masih ngantuk, jiwa masih belum sepenuhnya sadar, apa enaknya makan? Pasti butuh energi atau pemicu yang luar biasa agar sahur terasa nikmat dan menjadi kegiatan menarik.

Berbeda dengan saat berbuka setelah puasa Ramadan, kegiatan makan menjadi paling dinantikan. Setelah menahan lapar dan dahaga seharian, setiap makanan dan minuman tampak menggiurkan. Terutama jika penampilannya cantik dan menyegarkan.

Apalagi bagi penggemar keju, menu apapun yang ada taburan keju Kraft Cheddar pasti menggugah selera. Mulai dari salad, pizza, crown omelette, sampai kue kering lebaran seperti kastangel. Apapun menunya, keju adalah penggugah selera.

Kraft Crolette


Crown Omelette: Menu Sahur Penggugah Selera

Setelah hampir dua pekan menjalani Ramadhan, berbagai strategi untuk bangun sahur harus terus ditemukan agar bisa tuntas sampai akhir. Ya kan nggak lucu batal puasa karena terlambat bangun sahur. Atau siang menyerah dari puasa akibat kekurangan gizi ketika sahur.

Bagiku, ayah dan ibu yang bisa menikmati Ramadhan bersama tahun ini, makanan sahur apapun menunya cukup bisa dinikmati selagi hangat. Sayangnya kadang kami bosan dengan sisa masakan waktu berbuka yang dipanaskan ulang sebelum disantap. Mau beli dekat sini waktu sahur tidak ada warung buka, maklum di sini daerah pedesaan.

Mau tidak mau, harus ada menu praktis yang dibuat sendiri. Menu bergizi yang bisa dinikmati semua usia, karena ayah dan ibu sudah masuk kriteria lansia. Beruntung di Ramadhan ini Keju Kraft merilis menu praktis yang tampak menarik untuk menggugah selera sahur, namanya: Kraft Crolette, singkatan dari Crown Omelette.

Komposisinya terdiri dari keju, telur, dan bumbu sesuai selera. Sangat praktis dan tidak perlu repot mencari bahannya. Cukup dengan stok wajib yang ada di dapur, menu unik ini bisa dibuat dalam waktu singkat saat sahur.

Sebenarnya yang paling menarik dari Kraft Crolette ini bukan hanya bahannya yang mudah didapat, tapi juga bentuknya yang unik. Bayangkan saat bangun tidur melihat ada telur bermahkota warna kuning keemasan di atas meja. Bukan hanya anak kecil yang dibuat takjub seperti saat menang lomba, aku pun kehilangan rasa kantuk dalam sekejap setelah menatapnya.

Kandungan Gizi dalam Keju Kraft Crown Omelette

Ini pertanyaan penting, apakah Kraft Crolette dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kita berpuasa? Jangan sampai makanan hanya tampak menarik tapi tidak bergizi, bisa lemas nanti saat berpuasa. Mari kita lihat berdasarkan hasil penelitian, apa saja yang dimiliki oleh penyusun makanan berbahan utama telur dan memiliki mahkota di atasnya ini:

1. Telur

Umumnya kandungan gizi telur didominasi oleh kalori, lemak dan protein. Ada juga kandungan kalsium yang cukup tinggi, yaitu 50 mg per 100 g telur ayam. Ini artinya konsumsi telur dapat membantu tumbuh kembang anak, memenuhi kebutuhan gizi orang dewasa, dan pemasok kalori untuk orang-orang yang butuh banyak tenaga.

2. Keju

Keju cheddar Kraft mengandung lemak, protein, karbohidrat, kasium, dan vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh di semua usia. Komposisi dan kandungan gizi yang dimiliki oleh keju cheddar Kraft ini berbeda dengan varian dan merek lain. Sejauh ini, keju Kraft terbukti merupakan produk keju asli yang mudah ditemukan di pasaran.

kejuaslicheck


- Keju Palsu dan Asli

Jangan salah, dari ratusan jenis dan beragam varian harga keju yang ada di pasaran, tidak semuanya asli. Artinya kandungan keju pada beberapa produk sangat minim karena didominasi oleh tepung atau air. Untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tentu kita butuh keju asli dan sebisa mungkin menghindari produk palsu.

Komposisi keju kraft


- Keju Asli Check

Untuk membuktikan bahwa produk keju itu asli, maka yang pertama adalah perhatikan komposisinya. Pastikan bahan pertama yang disebutkan adalah keju, bukan tepung atau air. Hal ini menunjukkan bahwa dominasi bahan yang dipakai adalah benar-benar keju, hasil olahan dari susu sapi.

Kedua, adanya klaim nutrisi pada Keju Cheddar Kraft menandakan bahwa kandungan gizi merek ini dapat dan layak dipertanggungjawabkan. Keju Cheddar Kraft mengandung kalsium, protein dan vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh. Sehingga kita tidak perlu lagi ragu memilih Keju Cheddar Kraft sebagai bahan memasak berbagai macam hidangan lezat untuk orang-orang tercinta.

Klaim gizi kraft cheddar


3. Bumbu Sesuai Selera

Praktik membuat Kraft Crolette atau Crown Omelette ini sangat bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Biasanya kami cenderung suka olahan telur dadar dengan bumbu yang kaya rempah dan rasanya pedas. Maka selain menggunakan bawang merah dan putih, aku mengiris cabe rawit sebagai pelengkap.

Bumbu versi lain yang lebih praktis tanpa perlu mengupas dan mengiris bawang adalah menggunakan kaldu bubuk. Tinggal taburkan sedikit garam, kaldu bubuk, lada bubuk, dan bawang putih bubuk jika ada. Akan lebih gurih rasanya dan bentuknya lebih lembut bentuknya jika ditambah susu cair.

Recook Crown Omelette

Untuk membuktikan apakah menu ini benar-benar menarik saat sahur, aku mencoba memasaknya. Ternyata meskipun tampaknya praktis, tidak benar-benar mudah untuk membuat mahkotanya cantik. Berdasarkan pengalaman, inilah beberapa tips yang harus dilakukan agar crown cheese-nya tampak menggoda selera:



1. Tips Menggulung Telur

Setelah telur dikocok bersama bumbu dan penggorengan sudah cukup panas, masukkan adonan telur dadar perlahan dan biarkan sampai bagian bawahnya terbentuk. Jangan terburu untuk menggulungnya agar bentuknya tidak ambyar.

Sesaat setelah menggulung, tarik gulungan kembali ke tepi agar sisa cairan telur dadar dapat kembali melebar dan bisa digulung. Lakukan sampai adonan habis dan semua telur matang sempurna. Balikkan telur dadar yang sudah digulung ketika warnanya sudah kuning keemasan.

Cara ini mungkin sedikit repot jika pertama kali melakukannya. Tapi jangan khawatir, setelah beberapa kali percobaan pasti berhasil. Hasil gulungan yang padat akan membuat bagian tengahnya tampak menyatu setelah diiris. Usahakan besar gulungan dari ujung ke ujung sama, tidak kecil di bagian ujungnya saja.



2. Tips Membuat Crown

Setelah telur gulung jadi, angkat menggunakan spatula dan letakkan di piring datar. Sekarang saatnya membuat mahkota dari parutan keju. Kita bisa menggunakan teflon yang berbeda dari tempat penggorangan sebelumnya, atau membersihkan teflon bekas goreng telur sebelum dipakai membuat mahkota.

Untuk menghasilkan crown omelette sesuai harapan, hanya gunakan Keju Cheddar Kraft sebagai pilihan terbaik. Parutan keju yang tipis dan panjang akan membentuk sarang keju kering yang ketika diangkat menjadi seperti mahkota. Yakin aja sih merek keju lainnya tidak akan bisa membuat crown sama persis seperti itu.

Poin pentingnya adalah menggunakan teflon yang bersih dari minyak untuk membuat crown omelette cantik. Teknik kedua, gunakan parutan keju yang halus atau hasil parutannya kecil. Jangan gunakan parutan yang hasilnya terlalu lebar dan pendek. Parutan keju yang kecil akan membuat mahkotanya tampak lebih bersarang.

Setelah teflon yang bersih dari minyak tersebut dipanaskan, tabur keju parutan di atasnya sampai merata. Setelah sekitar satu atau dua menit, letakkan telur gulung di atasnya tepat di bagian tengah. Selanjutnya teflon bisa ditutup atau biarkan beberapa menit hingga kejunya tanpak mulai mengering dan berwarna coklat keemasan.

Matikan api sebelum mengangkat telur dari atas teflon. Pastikan untuk menggunakan spatula yang bentuknya panjang saat mengangkat telur tepat di bagian tengahnya. -Biarkan menggantung sebentar hingga kejunya perlahan dingin dan mengeras.

Dengan demikian ketika telur dibalik dan diletakkan di atas piring, bagian tepi keju akan tetap kaku berdiri menyerupai mahkota. Beri taburan keju lagi sebagai garnish dan daun bawang jika suka. Untuk hiasan, kita bisa menggunakan bahan yang ada seperti wortel, tomat, daun mint, atau cukup dengan daun bawang dan taburan keju.

Sesaat kemudian, Kraft Crolette siap dinikmati sebagai menu santap sahur yang menggoda selera bersama keluarga. Karena kami adalah bangsa Indonesia, maka budaya belum dianggap makan jika belum makan nasi masih berlaku. Jadi untuk menikmati Kraft Crolette ini kami menyantapnya bersama nasi.

Rasanya yang gurih, sesekali harus bertemu dengan granat irisan cabe rawit karena kami suka pedas dan sedang malas membuat sambal. Ayah dan ibu menyukai rasanya, tidak hanya bentuknya. Ah, terima kasih resep Kraft Crolette-nya, keju cheddar Kraft. Besok-besok mau buat lagi kalau lagi malas makan sahur. Ikutan buat, yuk?  

  • Share:

You Might Also Like

24 comments

  1. 스포츠토토


    안전놀이터


    섯다족보


    I personally appreciate your work. I’m quite new in this field. And I want to say thanks for the great info.. Please add more post.

    ReplyDelete
  2. Hwih mantap nih Mbak Kifa, calon istri yang baik sudah bisa masak sedari sekarang. Jadi dapat ilham juga nih buat menu buka puasa dari keju kraft

    ReplyDelete
  3. haha. baca resep di saat waktu kritis ini emang challenging ya. haha. kapan-kapan dicoba deh resepnya. :)

    ReplyDelete
  4. Cakep ya mba! Mana bahannya simpel terus buatnya juga ringkas. Say goodbe buat menu bergizi tapi ribet

    ReplyDelete
  5. Unik banget deh bentuknya. Mana sehat dan lezat lagi. Pantas aja anak2 doyan.

    ReplyDelete
  6. Telor ama keju udah paling bener siiik, mereka berjodoh banget!
    dan makin enjoy sahur ataupun buka dgn menu yg unik kayak Kraft Crolette ini ye kan.
    nurul https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    ReplyDelete
  7. ini aku bisa bikin mahkotanya nggak ya? hihi
    tampilannya menarik banget kaya di resto2. Bahannya juga mudah didapatkan. nanti mau cobain bikin ah

    ReplyDelete
  8. Kok kayaknya enak banget ya ini, kebetulan bacanya pas lagi puasa jadi pengen buat untuk buka puasa juga.

    ReplyDelete
  9. Bagi pecinta keju enak nih kayaknya... wajib dicoba..

    ReplyDelete
  10. Sajian menggoda selera nih KRAFT Crolette buat sahur, menu unik yang praktis dan berigizi tinggi. Pas buat sajian untuk keluarga tercinta.
    Mbak, itu bikinnya cakep bener, crownnya cantik

    ReplyDelete
  11. Weeh..crownnya cantik Kasaki! Aku belum tentu bisa bikin crolette dalam sekali coba. Ternyata ada trik-trik khusus juga ya biar bisa cantik begitu crownnya

    ReplyDelete
  12. Kraft crolette sudah wara wiri beberapa hari ini hehe meman resepnya simpel banget dan bikinnya juga gampang ya, pastinya enak karena ada keju Kraft sebagai bahan utamanya.

    ReplyDelete
  13. Aku juga udah bikin mbak. Seru dan deg degan pas bikinnya hahaha. Dan memang hasilnya sesuai dengan perjuangannya. Enak banget ya.

    ReplyDelete
  14. anakku juga suka sama keju kraft cheddar ini apalgi saat dibikin crown hahaha mnarik secara visual hahaha jadimakin semangat

    ReplyDelete
  15. Awal lihat iklannya langsung penasaran coba karena tampak enak dan mudah buatnya. Eh ternyata lumayan tantangan berat saat mengangkat crown-nya hehehehe buatan pertama patah tapi enggak sedih soalnya begitu coba lah kok enaaaak akhirnya coba lagi dan lagi hehehe

    ReplyDelete
  16. Kalau pakai keju Kraft Cheddar hasilnya memang bagus ya. Rasanya juga gurih dan kriuk. Anka saya langsung menghabiskan dan pengen lagi tuh hehehe

    ReplyDelete
  17. Cakep banget mbak hasil crolettenya, aku coba berkali2 masih belum sesuai ekspektasi. Tapi rasanya tetep ngeju banget sih.

    ReplyDelete
  18. Cakeeep crolettenya. Anak-anak juga suka nih, karena gurih dari keju KRAFT tuh enak. Mamanya pun senang karena bergizi.

    ReplyDelete
  19. keju KRAFT tiada duanya emang. apalagi dibikin crolette begini

    ReplyDelete
  20. Seru kayanya bikin crollete ini. Tapi aku bisa gak ya bikin ini?

    ReplyDelete
  21. aku bikin crolette ini gagal crownnya nggak mau berdiri soalnya aku salah teknik harusnya diangkat pakai spatula dulu kan baru dibalik ke piring. lah aku dari teflon langsung kubalik ke piring akhirnya crown-nya tidur deh. hihi

    ReplyDelete
  22. Cantik banget Keju Kraft Crown Omelette nyaa..
    Aku juga ikutan masak hari ini, tapi hiiks...jadinya belum seperti itu.. Kejunya masih belum kering, malah sudah menghitam di bagian bawahnya.
    Huhuu...kudu banyak berlatih memasak menu Keju Kraft Crown Omelette.

    ReplyDelete
  23. Crolette ini andalan banget pokoknya untuk menu sahur. Anak-anak suka bikinnya mudah lagi. Bergizi pula.

    ReplyDelete
  24. Anak-anak pasti suka ya crolette begini, telur dan keju gituloohh siapa juga yang bisa nolak menu gurih nan simpel ini..

    ReplyDelete