Belajar Bahasa Asing Online Dari Rumah di Lister: Super Praktis

By Dunia Kifa - July 13, 2022

 

English-class-lister

Bahasa Inggris sudah menempati posisi bahasa kedua di Indonesia. Popularitasnya setingkat di bawah bahasa ibu. Sejak kecil anak dibiasakan mengenal angka, warna, dan kosakata sederhana dalam bahasa Inggris. Selain belajar percakapan menggunakan bahasa sehari-hari keluarga inti, mereka juga mengenal bahasa Inggris sejak dini.

Kecanggihan teknologi membuat anak-anak mengenal film animasi, tutorial, dan berbagai pengetahuan yang disalurkan melalui jaringan informasi internasional. Sementara orang-orang dewasa yang baru gegap gempita menyambut pola komunikasi global, dihadapkan pada kebutuhan untuk belajar bahasa Inggris secara intens.

Kondisi ini mendorong lahirnya berbagai konten media sosial yang memperjelas pentingnya setiap orang untuk bisa menguasai bahasa asing internasional tersebut. Ingat istilah English-Jaksel? Itu adalah bahasa Inggris yang dipopulerkan oleh kaum muda di Jakarta Selatan. Mereka menggunakan beberapa kosakata bahasa inggris yang sulit diterjemahkan ke bahasa Indonesia sebagai campuran, seperti: which is, suddenly, coffee shop, overthinking, scrolling, at least, basically, literally, prefer, you know, “jujurly” (?)

Penggunaan bahasa English-Jaksel mulai meluas digunakan oleh kaum muda di seluruh pelosok Indonesia. Secara ilmu sosial, tidak ada yang salah dengan itu. Tidak ada aturan yang dilanggar atau hukum yang perlu ditegakkan. Akan tetapi dari sisi bahasa, pencampuran kosakata menunjukkan kurangnya penguasaan pengucap atas bahasa tertentu.

Artinya, orang yang cenderung menggunakan bahasa dengan kosakata campur aduk dalam satu kalimat dari berbagai sumber bahasa menunjukkan ketidakmampuannya menguasai satu bahasa secara utuh. Meskipun ada sisi positif yang timbul, lawan bicara akan mengerti maksudnya dan mungkin menambah kosakata bahasa asing.

Seandainya saja setiap penutur menggunakan bahasa yang utuh, pasti lebih bermanfaat untuk kepentingan percakapan dengan orang asing, akademik, dan sebagainya. Maka tidak ada salahnya belajar bahasa Inggris sesuka hati, secara otodidak. Akan tetapi alangkah jauh lebih baik jika belajar bahasa asing secara utuh. Toh untuk serius belajar bahasa asing, bisa dilakukan dengan mudah, daring, tanpa banyak biaya. Salah satunya adalah di Lister.co.id.

Lister Indonesia

PT Lister Teknologi Edukasi adalah perusahaan startup yang khusus menyediakan jasa layanan kelas online bahasa asing. Selain bahasa Inggris, ada juga kursus bahasa Perancis, Belanda, Spanyol, Turki, Rusia, Italia, Portugis dan Thailand.

Setiap siswa berhak menentukan tujuan spesifik kursus yang diambil. Kursus yang tersedia dari setiap bahasa tersebut disediakan khusus baik materi bahasa secara umum, percakapan maupun tulisan. Ada juga materi khusus yang dirancang untuk program tertentu, misalnya tes sebelum menempuh studi lanjutan atau persiapan penerima beasiswa.

Ada lebih dari 100 pilihan kelas kursus dengan lebih dari 500 tutor baik native yang memiliki kualifikasi tinggi untuk mengajar. Sampai saat ini, lebih dari 6000 siswa tergabung di Lister Indonesia untuk belajar berbagai bahasa sesuai pilihan dan tujuan program.  

Keuntungan Kursus Bahasa Asing Online

Jujur, secara pribadi saya ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Terutama untuk percakapan, TOEFL dan grammar dalam rangka komunikasi dan menulis ilmiah. Sebagai citizen sekaligus netizen, keberadaan kelas online semacam ini sangat membantu beberapa kesulitan sekaligus, yaitu:

1.       Lebih Pede

Saya bukan orang yang suka berbicara dan tampil di depan umum. Kelas daring tentu akan membantu saya lebih percaya diri berbicara menggunakan bahasa asing. Karena secara kasat mata, yang ada di hadapan adalah layar, bukan orang-orang nyata yang mungkin akan mudah menilai gesture dan membuat gugup.

Kelas yang kecil atau bahkan bisa meminta kelas privat memungkinkan siswa berani salah saat belajar. Tentu para tutor akan membantu mempermudah siswa untuk menguasa setiap materi. Jika proses belajar bisa dilalui dengan nyaman, bukankah hasilnya bisa lebih maksimal?

2.       Hemat

Kelas online hanya membutuhkan perangkat dan jaringan pendukung yang kuat. Siswa tidak perlu berangkat ke tempat kursus, basah saat hujan turun, atau kepanasan saat terik melanda. Tidak juga memerlukan alat tulis dan modul buku fisik yang mahal karena ongkos cetak dan kirim. Dengan demikian, waktu dan tenaga saat mengikuti kelas bisa jauh lebih efektif daripada belajar secara konvensional.

3.       Menguji Kesungguhan

Berbagai kemudahan fasilitas belajar online juga merupakan ujian tersendiri bagi orang-orang yang belum bulat tekadnya. Bisa saja saat sudah mengambil kursus merasa malas mengikuti kelas, atau ada acara lain yang dianggap lebih penting. Saat dalam kondisi demikian, setiap siswa perlu mengalahkan dirinya sendiri dan kembali pada niat saat mengambil kelas.

Program Pilihan Kursus Bahasa Inggris di Lister

Khusus untuk kursus bahasa Inggris, tersedia kelas mulai dari anak usia 3 tahun sampai dewasa. Kelas khusus anak usia 3-6 tahun bertujuan mengenalkan bahasa percakapan sederhana dan menambah kosakata yang mudah mereka pahami. Sementara untuk usia lebih besar, disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Ada kelas khusus untuk percakapan, public speaking, grammar, tes bahasa, keterampilan menulis ilmiah, dan sebagainya. Termasuk ada juga kelas khusus persiapan beasiswa.

program-lister
Program belajar di Lister


Bagi Anda yang tertarik untuk belajar bahasa asing secara online dan ingin mendaftar di Lister, bisa memilih kelas sesuai dengan jumlah kelompok siswa. Ada kelas privat, semi privat berdua, atau semi privat 3-5 orang. Pembelajaran dijamin jauh lebih efektif ketika kelas terdiri dari sedikit orang.

pilihan-kelas-lister


Biaya Kursus Bahasa Asing Online

Lalu berapa biaya yang perlu disiapkan untuk belajar TOEFL, IELTS, IBT, dan progam lain yang tersedia di Lister? Tenang, Anda hanya perlu memilih biaya sesuai kemampuan dan banyaknya pertemuan yang diambil. Tersedia kelas mulai dari 2 pertemuan hingga maksimal 80 pertemuan di setiap program. Setiap siswa berhak menyesuaikan kemampuan finansial dan waktu yang dimiliki.

Untuk mendaftar, Anda hanya perlu mengisi kolom pendaftaran dengan memasukkan nama, email dan nomor WA aktif. Selanjutnya admin akan memproses pendaftaran lebih lanjut dan menghubungi via nomor yang sudah terdaftar.

daftar-lister


Promo

Jangan khawatir jika merasa biaya yang tercantum pada katalog terlalu tinggi. Setiap bulan ada kode promo yang bisa digunakan sehingga Anda mendapat potongan harga saat mendaftar. Saat ini, Anda bisa menggunakan kode promo BLOGLISTER10 untuk mendapat potongan harga 10% hingga maksimal Rp500.000,- untuk setiap program.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments