Saturday 27 August 2022

Resep Praktis 3 Menit Keju Kraft Quick Melt Buat Weekday atau Weekend: Praktis!

 
Kraft-Quick-Melt

Bagi saya yang masih single dan punya rutinitas di hari aktif kerja, waktu terasa selalu berharga. Pagi harus bersiap, sebisa mungkin sarapan sebelum berangkat, pulang kerja sore hari sudah capek, maunya tinggal makan dan istirahat. Maunya makan yang enak, nikmat, tapi murah. Kalau harus masak, sebisa mungkin yang praktis, dan tetap enak. Intinya emang males repot sih, mau yang murah tapi suka makan enak.

Begitu juga saat weekend tiba, ingin sekali rasanya waktu berjalan lebih lambat dan pekerjaan harian selesai sendiri, termasuk makanan tersedia secara ajaib. Untungnya dunia ini adil, semua terjadi sesuai dengan kekuatan usaha kita. Kalau mau praktis, bisa beli. Kalau mau murah, harus rela aktif, masak sendiri, berpeluh menyelesaikan pekerjaan dan mewujudkan keinginan.

Cara Memilih Menu Andalan Sehari-hari

Setelah hampir 3 bulan pindah ke kota, lingkungan, dan dunia baru, ada banyak hal yang harus mulai disesuaikan. Tidak ada lagi teriakan ibu yang minta tolong A, B, C, sampai Z. Tidak ada lagi agenda ayah nitip belanja pas keluar rumah. Pun termasuk, tidak bebas lagi masak karena di rumah bisa menguasai dapur sendiri yang luasnya 4x5 meter, di sini ada dapur nyempil pula depan kamar mandi.

Untungnya, waktu SMP-SMA saya pernah menikmati kehidupan seorang pandu. Bergabung dengan organisasi kepanduan yang tidak jauh berbeda dengan Pramuka mengajarkan saya untuk hidup minimalis. Punya koleksi baju secukupnya, peralatan masak sederhana, dan semuanya cukup untuk bertahan hidup sejauh ini.

Keju-Kraft


Dari rumah saat pindahan awal bulan Juni lalu, saya bawa 2 pasang sendok garpu,  2 gelas, satu keramik dan satu logam stainless steel, dan satu panci listrik sebagai perangkat makan. Panci listrik dan gelas stainless steel inilah yang saya manfaatkan guna memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Di kos udah disediakan piring, gelas, kompor dan sedikit peralatan masak kecil.

Panci listrik yang saya bawa bisa untuk masak air dan sayur, sekaligus masak nasi menggunakan gelas stainless steel. Caranya? Beras yang sudah dicuci taruh gelas, kasih air secukupnya, taruh dalam panci yang sudah diberi air, lalu sambungkan kabel panci ke listrik. Udah, tinggal tunggu sampai matang. Kira-kira waktu matang setengah jam setelah air mendidih.

Lauknya gimana? Ehm, sejak pandemi tinggal di rumah sebenarnya saya sedang membiasakan diri untuk memilih dan memilah makanan. Prioritasnya adalah yang sehat plus enak. Kalau bisa masak sendiri, kalau nggak ya beli. Kalau lagi pengen banget makan sesuatu yang enggak sehat, ya kadang dibeli juga sih. Asal nggak tiap hari, lalu menikmatinya sambil berdoa, semoga aman ya.

Nah, karena di sini nggak bisa bebas masak, peralatan juga terbatas, saya harus belajar lebih kreatif. Paling sering masak sendiri ya telur dengan berbagai macam olahan. Direbus, dimata sapi, didadar, kalau mau lebih repot lagi digulung. Bosan hanya masak telur, saya bisa mencampurnya dengan sayur. Wortel, daun bawang, kentang, susu, keju dan sebagainya.

Keju dan telur? Yap. Perpaduan bahan dengan kandungan protein tinggi ini sering menjadi penyelamat hidup saya dari kelaparan. Kadang cukup jadikan isi roti tawar, kadang bikin pizza, kadang bikin toast, atau kalau  males banget yaudah jadikan kejunya sebagai saus. Tambah saus sambal kalau mau pedas.

deskripsi-produk


Paling enak sih pakai keju merk Kraft. Mulai dari yang cheddar, slices, sampai melt semuanya enak. Rasa keju banget dan nggak bikin eneg. Apalagi yang Quick Melt, hanya perlu dipanaskan sebentar di atas bahan makanan, tidak sampai 3 menit sudah melumer siap dinikmati. Otomatis jadi saus keju yang membuat makanan lebih kaya rasa.

Kandungan Gizi Keju Kraft Quick Melt

Keju Kraft Quick Melt ini berbeda dengan mozzarella ya, yang kalau dipanaskan terus ditarik jadi mulur panjang itu, bukan. Kraft Quick Melt lebih cocok dijadikan isian yang melumer saat dipanaskan, atau cocolan saus keju. Sebagai hasil olahan keju, Kraft Quick Melt sudah menjadi bahan makanan yang lebih awet dari keju asli yang hanya tahan beberapa hari. Untuk lebih lengkap mengenai kandungan gizi Keju Kraft Quick Melt, perhatikan gambar berikut:

 

kandungan-gizi-Kraft

Resep Praktis 3 Menit Keju Kraft Quick Melt

Untuk melengkapi postingan ini, berikut dua resep yang sudah saya coba praktis dan enaknya. Soal rasa memang relatif, ya. Ketika bagi saya enak, belum tentu bagi Anda demikian. Jika Anda dan keluarga ada yang suka rasa keju, silakan coba resep praktis berikut di rumah, semoga selera kita sama:

1.       Pizza Roti Tawar

Pizza roti tawar adalah pilihan menu yang praktis karena tidak perlu membuat dough baru. Cukup gunakan roti tawar yang sudah tersedia di meja, sesuai merk favorit keluarga. Bahan lain yang perlu disiapkan adalah susu, telur, Kraft Quick Melt, daging cincang atau sosis, mayonnaise, saus dan saus tomat.

Caranya, tata roti tawar di teflon, mau dibentuk seperti apa terserah. Saya pribadi lebih suka memenuhi dasar teflon dengan roti, mengikuri bentuk alasnya. Bisa satu atau dua lapis, tanpa ada yang bolong sedikit pun. Di wadah lain, kocok telur dan susu bersama-sama. Susu yang dipakai bisa apa aja, SKM boleh, bisa juga susu bubuk yang dicairkan dengan air dan gula. Fungsi gula adalah biar ada cita rasa manis nanti di roti.

Telur kocok yang sudah dicampur susu tadi kemudian dituang ke teflon, dimana roti sudah ditata rapi. Biarkan kocokan telur tersebut meresap ke roti. Kemudian di bagian atas taburi dengan topping, bisa berupa sosis cincang, daging cincang yang sudah ditumis, jagung manis pipil, Kraft Quick Melt, dan paling atas mayonnaise dan saus tomat.

Setelah semua siap, nyalakan kompor dengan api cenderung kecil. Letakkan teflon berisi pizza roti tawar tersebut di atasnya dan tutup. Biarkan sekitar 3-5 menit untuk mendapat pizza yang kering di bagian bawah dan lumer bagian atasnya.

Setelah itu, pizza bisa dinikmati dengan saus sambal jika suka rasa pedas. Karena semua bahan sudah matang kecuali telur dan susu, proses pemanggangan hanya berfungsi memanaskan bahan susu cair sehingga mengental bersama telur dan menunggu Keju Kraft Quick Melt melumer. Angkat dan letakkan di atas piring datar segera setelah bagian bawah roti mulai mengering.

2.       Toast Omelette

Untuk membuat toast, gunakan roti tawar seadanya di rumah agar praktis. Anda juga bisa membuat dough sendiri khusus untuk toast ini jika suka repot. Selanjutnya, siapkan isian toast. Kali ini saya akan membuat omelette sayur sebagai isian. Maka bahan yang saya siapkan adalah parutan wortel, daun bawang cincang, ladaku, telur, dan sejumput garam.

Langkah pertama, panaskan teflon di atas kompor dan masukkan mentega secukupnya lalu biarkan meleleh. Setelah itu, panggang dua keping dan dua sisi roti tawar atau roti bun yang ingin dipakai sebagai tepian toast. Sisihkan roti dan simpan di atas piring, sementara teflon bisa digunakan memasak omelette sayur yang sudah disiapkan. Anda bisa membentuknya bulat atau persegi mengikuti bentuk roti tawar. Setelah matang di semua sisi, angkat omelette dan sisihkan.

Sekarang tinggal menyusun toast, biarkan teflon tetap di atas kompor dengan api kecil, lalu letakkan satu sisi roti tawar, letakkan di atasnya potongan Keju Kraft Quick Melt hingga merata dengan ketebalan yang sama. Letakkan  omelette yang sudah matang sebelumnya di atas roti toast lapisan pertama, oleskan mayonnaise di atasnya, daun seledri atau sayuran lain jika suka, dan terakhir tutup dengan satu sisi roti panggang.

Biarkan toast sekitar 1-2 menit di atas teflon panas agar keju Kraft Quick Melt meleleh di dalam. Balik di sisi lainnya menggunakan spatula atau penjepit agar panasnya merata. Segera angkat dan matikan kompor agar tidak terjadi sesuatu di dapur. Sajikan toast omelette dengan mengirisnya menjadi dua bagian sebelum ditata di atas piring datar. Selamat menikmati bersama keluarga.

Berikut videonya:




19 comments:

  1. Anakku lagi demen bebikinan gini mbaaa
    Abis gini, aku mau tunjukin resepnya, siapa tau dia mau recook.
    Apalagi pakai Kraft yg yummy 😍😍😍

    ReplyDelete
  2. Meski dapur mungil nyempil di dekat kamar mandi enggak menghalangi nyiapin menu weekday maupun weekend ya, Mba. Pakai KRAFT Quick Melt apapun bakal makin enak..seperti Pizza Roti Tawar dan Toast Omelete ini

    ReplyDelete
  3. Makanan kaya gimanapun klo udah dikasih keju pasti enak deh. Apalagi kejunya bisa lumer gini 😍

    ReplyDelete
  4. Jadi pengen recook resepnya,bahanya mudah didapat terus udah pasti enak karena pake Kraft Keju Quick Melt

    ReplyDelete
  5. Untuk sekelas anak kos, mbak termasuk rajin sih.. hehe.. resepnya kayaknya enak semua. Jadi pengen nyobain untuk buat juga..

    ReplyDelete
  6. Masakan perlu kreativitas juga ya, Mba, dengan berbagai bahan plus Kraft Quick Melt, tantangan membuat hidangan bisa diatasi.

    ReplyDelete
  7. Yup 3 menit leleh dan Bertekstur sempurna. kami juga sudah membuktikannya. Hebat dan lezat

    ReplyDelete
  8. Wah aku ingin nyoba praktekin buat toast carrot omellete...enak dan mudah caranya...mantabbb,

    ReplyDelete
  9. Hihi roti-rotian emang nggak pernah gagal kalo dipakein keju. Apalagi quick melt, yummy banget pake toping manis atau toping asin..

    ReplyDelete
  10. Toast omelette kayanya menarik untuk dicoba. Aku biasanya pake keju kraft melt ini ditaroh buat mid, atau ke roti aja udah enak banget

    ReplyDelete
  11. Memang ya tinggal kosan harus minimalis banget. Ada dapur di kos itu beneran membantu berhemat. Bisa masak seadanya. Resep toast nya bisa dicoba nih mba

    ReplyDelete
  12. Menunya praktis dan gampang banget diikuti ya, mbak. Jadi pengen beli roti tawar nih buat dibikin pizza quick melt Juga

    ReplyDelete
  13. Serius, kak.. Hidup minimalis ini yang harus dipertahankan karena memanfaatkan yang ada saja dan selalu merasa cukup sehingga bisa lebih kreatif lagi dalam membuat menu masakan.
    Keren banget, dengan bahan keju Kraft Quick Melt, bisa membuat banyak resep lezat yang asik banget dinikmati bersama keluarga.

    ReplyDelete
  14. Banyak menu lezat yang bisa dikreasikan bersama keju KRAFT Quick Melt ini ya mbak
    Kalau aku sempat buat corn dog dengan keju Quick Melt ini

    ReplyDelete
  15. Benar-benar praktis banget ya resepnya. Bisa ditiru nih buat resep kalau kepepet belum bikin sarapan hehe

    ReplyDelete
  16. Berhubung saya pernah jadi anak kosan jadi paham. Emang kudu maksimalin apa yang ada. Pernah masak pakai kompor listrik pas di kos yang gak ada dapurnya. Keju kraft ini andalan banget bisa dipadu makanan apa aja.

    ReplyDelete
  17. Kraft Quick Melt ini cepet Leleh ya, Lumer dimulut. Saya kemarin bikin juga roti panggang ama Kraft ini. Hasilnya enak banget. Udah gitu praktis lagi bikinnya

    ReplyDelete
  18. Keju KRAFT Quick Melt mmg enak ya mba. cepat lg lelehnya cm 3 menit

    ReplyDelete
  19. Toast omlete ini aku belum pernah coba, kayaknya enak. Apalagi pakai keju kraft quick melt kebayang enaknya deh

    ReplyDelete