7 Daftar Wisata Murah - Gratis Jakarta

By Dunia Kifa - April 13, 2021

wisata-murah-jakarta

Siapa bilang liburan harus mahal? Bagi warga Jakarta atau anda yang berkunjung  ke ibukota Negara tercinta, bisa sekalian memanfaatkan wisata murah Jakarta. Apa sajakah? Simak beberapa ulasan berikut ini:

1. Pelataran Monas

Pelataran Monas adalah tempat wisata murah Jakarta paling hits.  Apa yang tersedia di sini? Tenang, ada banyak hal yang bisa dilakukan meski hanya di pelatarannya saja. Pertama, pelataran monas adalah tempat bermain yang luas.

Saat akhir pekan, banyak sekali orang yang memilih bersantai, bermain bulu tangkis (raket dan shuttelcock bawa sendiri), bersepeda, atau lari keliling monas akan cukup menguras keringat. Jika haus, ada banyak penjual kuliner di kawasan pasar dekat parkir IRTI. Selain kuliner, pasar kecil ini juga menyediakan berbagai oleh-oleh atau souvenir khas jakarta, lho.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar monas saat pagi hingga sore hari. Saat malam, terutama weekend, biasanya ada pertunjukan lampu yang apik di dinding tugu monas. Berwarna warni dan seru sekali.

Tidak jarang, pelataran monas juga dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan berbagai festival. Tahun lalu, festival lampion diselenggarakan disini. Pengunjung dapat menikmati taman lampion gratis selama sepekan.

Jika ada budget untuk naik ke puncak monas dan masuk ke dalam ruangan monumen nasional, bisa sediakan untuk tiket per orang sekitar Rp. 25.000. Jangan lupa berangkat sepagi mungkin karena antrian saat hari libur biasanya mengular panjang. Atau jika ingin tenang dan santai di puncak monas, datanglah di hari aktif dan pagi hari.

Baca juga: Berkunjung ke Pantai Kelapa Tuban Saat Pandemi - Dunia Kifa

2. Perpusnas

Gedung perpustakaan nasional terletak di seberang parkir IRTI Monas, tepatnya sebelah balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan. Jika ingin naik angkutan umum, yang paling mudah adalah transjakarta. Dari arah harmoni/halte monas bisa naik koridor 2, 2A, atau 1A turun di halte balaikota.

Koridor 1A juga bisa ditumpangi dan turun di depan perpustakaan nasional langsung, karena memang bus ini jurusan balaikota-PIK dan terdapat bustop di depan perpustakaan nasional. Namun jika naik dari arah terminal senen, bisa naik koridor 1P atau 1R dan turun di bustop perpustakaan nasional.

Gedung perpusnas (singkatan dari perpustakaan nasional) terletak di belakang gedung joglo yang berdiri sebagai puntu masuk sekaligus ruang pameran. Gedung perpusnas terdiri dari 24 lantai dengan masing-masing lantai memiliki fungsi berbeda.

Perpusnas menjadi tempat wisata murah Jakarta favorit mahasiswa semester akhir, penulis, dan pencinta buku. Tidak jarang ada rombongan study tour datang untuk wisata literasi di tempat ini. Tentu dengan berbagai penyesuaian protokol mulai adanya pandemi Covid-19

Jika belum terdaftar sebagai anggota, anda bisa bisa langsung menuju lantai 2 Gedung Perpusnas untuk melakukan pendaftaran dan cetak kartu anggota, gratis. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat tujuan wisata literasi, bermain, bertemu teman, sekaligus belajar. Fasilitas yang tersedia lengkap dapat diakses oleh seluruh pengunjung.

Baca juga: Menikmati Sensasi Jurrasic Park di Gunung Purba Nglanggeran - Dunia Kifa

3. Istiqlal

Masjid istiqlal merupakan salah satu tujuan wisata religi sekaligus tujuan wisata murah Jakarta yang tak pernah sepi pengunjung. Apalagi di bulan ramadhan, selalu ada ribuan pengunjung setiap hari. Tujuan utama tentu melaksanakan ibadah, mengikuti kajian, dan bonusnya tentu dapat berswafoto dan mengabadikan kenangan mengunjungi salah satu masjid terbesar di Indonesia.

Untuk menuju tempat ini, anda dapat menggunakan KRL atau Transjakarta. Kebanyakan pengunjung adalah rombongan yang membawa bis pariwisata karena berasal dari luar kota. Jika naik KRL bisa turun di stasiun Juanda. Begitu juga jika naik Transjakarta, bisa turun di halte bus Juanda.

Dari stasiun atau halte tinggal menyeberang ke arah pintu masuk Istiqlal menggunakan JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) yang sudah dekat sekali dengan pintu masuk masjid. Di dekat pintu masuk dan sekitarnya, biasanya banyak sekali penjual makanan, minuman, atau oleh-oleh.

Di dekat pintu masuk masjid, biasanya banyak penjaja plastik kresek seharga seribu atau dua ribu rupiah per plastik, untuk tempat sandal/alas kaki saat masuk masjid. Ini penting karena meskipun sudah disediakan loker/penitipan sandal dan sepatu, biasanya penitipan membludak sehingga pengunjung dianjurkan menyimpan sendiri alas kakinya dan dibawa ke dalam masjid.

Baca juga: Wisata Ke Pantai Indrayanti Cukup Sekali Bayar Dapat 5 Pantai Sekaligus - Dunia Kifa

4. Taman

Ada sekitar 700 taman yang tersebar di seluruh wilayah dan dapat dijadikan tujuan wisata murah Jakarta. Hampir semua taman ini dilengkapi dengan berbagai macam alat olahraga/fitnes yang  dapat digunakan bebas oleh pengunjung. Sebagian taman tersedia juga lapangan yang bisa digunakan untuk bermain bulutangkis atau bola.

5. Kota tua

Kawasan wisata kota tua terletak di dekat stasiun Jakarta Kota. Tempat wisata ini terkenal dan ramah kantong karena selain masuknya gratis, juga dikelilingi bangunan tua yang difungsikan sebagai museum, galery, cafe, photobooth, dan sebagainya. Di tempat ini juga pengunjung dapat menikmati live music yang biasanya dimulai sore hingga malam hari.

Kawasan kota tua mulai dibuka sejak pagi dan tutup jam 10 malam. Tepat pada pukul 22.00 WIB, ada sirine yang meraung keras dan petugas satpol PP mensterilkan kawasan. Seluruh pengunjung, padagang, apalagi tunawisma tidak diizinkan berada di kawasan kota tua. Kecuali para pengunjung cafe yang masih bertahan di dalam cafe, mereka hanya akan diantar keluar kawasan kota tua saat selesai dari cafe.

Untuk menuju wisata murah Jakarta di kota tua ini bisa naik KRL jurusan Jakarta Kota atau Transjakarta jurusan kota. Turun di halte terakhir (jakarta kota) lalu menyeberang melalui terowngan bawah tanah untuk sampai di depan museum Bank Indonesia. Dari sini tinggal berjalan lurus searah dengan pintu keluar lalu menyeberang dan masuk kawasan kota tua.

Beberapa hal yang menarik sekaligus murah meriah di tempat ini adalah: sewa sepeda ontel lengkap dengan topi lebar berwarna warni. Live music jalanan yang bisa request lagu sekaligus karaoke, jasa tatoo permanen/temporer, penjual kerak telor dan berbagai macam makanan tradisional.

Salah satu tujuan wisata murah Jakarta ini juga menyediakan pasar kaget yang menjual berbagai macam kebutuhan. Saat akhir pekan mulai sore hingga malam hari, spot foto dengan cosplay, bidadari, pejuang perang, tentara rakyat, atau meriam yang tersedia di sekitar pelataran.

6. Museum

Ada beberapa museum di sekitar kawasan kota tua yang bisa dikunjungi dengan harga tiket masuk  Rp 5.000,- per museum:

Museum Gajah
Museum Bank Indonesia
Museum Mandiri
Museum Batik
Museum Tekstil

Masing-masing museum memiliki ciri khas dan koleksi sesuai dengan namanya. Kalian bisa naik City Tour bis tingkat gratis yang beroperasi mengeliligi tempat wisata murah Jakarta. Bis ini biasanya mulai dari kawasan Monas keliling ke tempat wisata lainnya.

Baca juga: Be Strong Girl, Allah Selalu Sayang Padamu - Dunia Kifa

7. Ragunan

Kebun binatang ini merupakan satu-satunya yang ada di Jakarta. Sebagai salah satu kawasan hutan kota yang dipelihara langsung oleh pemerintah provinsi, ragunan menjadi pilihan yang baik untuk menikmati kesejukan hutan di tengah teriknya taman gedung dan bangunan Jakarta.

Ragunan bisa menjadi tujuan edukasi dan wisata murah Jakarta. Karena harga tiket masuknya terjangkau, fasilitas dan satwa yang tersedia di tempat ini cukup lengkap. Tempat ini juga bisa dijadikan area olahraga pagi karena udara masih cukup bersih dan segar.

Untuk menuju Ragunan dengan angkutan umum bisa menggunakan transjakarta langsung turun di dekat pintu masuk, halte ragunan. Sebelum masuk ke kawasan kebun binatang, pengunjung harus membeli tiket seharga 4 ribu rupiah untuk orang dewasa dan 3 ribu rupiah untuk anak-anak.

Banyaknya pilihan wisata murah Jakarta membuat warga dan pengunjung tidak perlu merasa bosan berada di kota metropolitan ini. Apalagi di tangan Gubernur Anies Baswedan, perbaikan kawasan dan penataan kota terus dilakukan menuju Smart City of Jakarta. Selain rekreasi, wisata bertujuan edukasi, literasi, dan relaksasi. 

  

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Hmm... saya baru ke Monas, Istiqlal, sama ragunan. Masih banyak list yang belum dikunjungi nih

    ReplyDelete