Monday 6 September 2021

Review Notes From Qatar: Positive, Persistance, Pray

 

notes-from-qatar
Sumber gambar: Shopee

 

Qatar, sebuah negara dengan sistem pemerintahan monarki absolut yang dipimpin oleh seorang emir (raja). Terletak di dataran Uni Emirat Arab, berbatasan langsung dengan Saudi Arabia di sebelah selatan. Penulis buku ini mendapat kesempatan lanjut studi magister bidang Ekonomi Islam di Doha, Ibukota Qatar. Sebuah perjalanan fisik, keilmuan, juga rohani sekaligus.

Dalam buku ini, penulis mengabadikan pengalaman kecil -maupun- besar berbentuk artikel-artikel yang tidak terlalu panjang, namun juga tidak bisa disebut singkat. Setiap bab merupakan catatan penulis terhadap suatu kejadian, pemikiran, atau inspirasi dan mengaitkannya dengan perjalanan hatinya. Sebuah karya yang unik, sangat patut dijadikan suntikan motivasi bagi pembaca.

Selain berbagai pengalaman yang layak diabadikan dalam tulisan, buku ini didukung dengan endorse atau ulasan singkat dari tokoh-tokoh besar baik dalam negeri maupun luar negeri. Diantaranya adalah Bapak Yusuf Kalla, Sandiaga Uno, serta beberapa dosen penulis selama studi di Doha.

Beberapa pengalaman yang diulas penulis dalam buku ini adalah: Ayo Menjadi Entrepreneur, My Spiritual Journey, Apakah Karma Itu Ada, A Support That Keeps Me Going, Menembus Penjagaan VVIP, Smoking Is Killing, Crisis= Danger+Opportunity, dan banyak judul lain yang tak kalah menarik.

Dalam buku Notes From Qatar ini, Sandiaga Uno rupanya tertarik dengan artikel penulis berjudul “Ayo Menjadi EnterPreneur” dan membuat ulasan singkat sekaligus ajakan bagi pembaca di Indonesia untuk menjadi pengusaha. Karena keterlibatan pengusaha akan sangat berpengaruh terhadap kestabilan ekonomi di Indonesia sekaligus banyak mengurangi angka pengangguran.

Baca juga: Review Jalan Cinta Para Pejuang

Menembus Penjagaan VVIP

Beberapa artikel ditulis berdasarkan pengalaman yang dialami penulis selama tinggal di Qatar, seperti “Menembus Penjagaan VVIP”. Adalah ulasan pengalaman penulis ketika ingin mengikuti prosesi wisuda universitas tempatnya belajar namun tidak memiliki undangan sebagai tiket masuk.

Dua kali berusaha menembus penjagaan dengan cara biasa dan gagal, penulis tidak menyerah. Sampai datanglah kesempatan ketiga. Ketika itu Syeikh Yusuf Qardhawi tampak turun dari mobil tanpa pengawal. Tentu saja Syeikh merupakan salah satu undangan VVIP. Timbullah niat penulis untuk berperan sebagai pengawal sampai akhirnya bisa menembus penjagaan tanpa tiket maupun undangan, sehingga dapat mengikuti acara prosesi wisuda dengan aman.

Kisar heroik di luar negeri yang dialami mahasiswa Indonesia selalu jadi pengalaman menarik dan menggelorakan minat pembaca untuk merasakan pengalaman yang sama. Tentu tidak ada sim salabim dalam merealisasikannya, setiap mimpi yang terealisasi selalu membutuhkan kesungguhan dan doa yang kuat untuk mewujudkannya.

Baca juga: Review novel Janji Tere Liye

Positive, Persistance, Pray

Beberapa hal yang ingin penulis sampaikan dalam buku ini, sesuai dengan sub judul atau tagline yang disampaikan di awal: Positive, Persistance, Pray. Energi positif harus selalu diikuti, atau minimal diciptakan agar kita selalu semangat dan “tahan banting” terhadap ujian yang menghadang.

Baca juga: Arti saudara kandung

Dengan bantuan kekuatan doa, di samping usaha yang harus maksimal, apapun yang kita impikan insya Allah mendapat ridha Allah dan menjadi nyata dengan cara terbaik. Review Notes From Qatar ini tentu hanya sebagian kecil dari vibrasi positif dari kekuatan sebuah tulisan. Untuk semangat yang lebih kuat, silakan baca sendiri ya...

Ohya, Notes From Qatar ini sudah ada 3 seri. Saya baru baca bagian pertama. Semoga nanti ada kesempatan baca bagian 2 dan 3 nya biar bisa bikin review lagi. Kalau sudah sulit dicari di toko buku, semoga nanti ada perpustakaan digital yang menyediakannya. Atau cari di marketplace, pastikan bukunya ori ya, jangan beli yang bajakan.

Baca juga: Kredit halal atau haram?


Penulis : Muhammad Assad

Penerbit: PT Elex Media Komputindo

Cetakan 4: April 2011

ISBN : 9789 7927 91945

16 comments:

  1. Wah, buku yang bagus untuk dibaca
    Ditunggu review buku selanjutnya kak 💕

    ReplyDelete
  2. Widiih, sampe 3 seri ya Kak. Semangat, Kak. Aku tunggu review selanjutnya

    ReplyDelete
  3. Aku juga jadi pingin baca 😅😅

    ReplyDelete
  4. Mlipir ke market place ah...bagus nih kayaknya.

    ReplyDelete
  5. I got curious to the books you mentioned. where can i read it? I love history books so that's why you've got my interest. 바카라사이트

    ReplyDelete
  6. All the books you mentioned look like interesting. I'm looking for this book. 카지노사이트

    ReplyDelete
  7. When i have time , i will surely read this books. i wanna know about this history. 바카라사이트

    ReplyDelete
  8. I'm looking forward to this books. i like history books. 카지노사이트

    ReplyDelete
  9. This type of article that enlighted me all throughout and thanks for this.I really enjoyed this source. 토토
    토토사이트

    ReplyDelete
  10. Thank you for sharing this post. Your blog posts are more interesting and impressive.
    스포츠토토탑

    ReplyDelete
  11. Pleasant to see this excellent blog! it would be ideal if you continue imparting such kind of Information to us. looking forward from your side. 파워볼사이트

    ReplyDelete
  12. I jumped at the chance to thank you for this outstanding read!! I completely had an incredible time each and every negligible piece of it. 먹튀검증

    ReplyDelete
  13. Hello there, I found your website by the use of Google at the same time as looking for a comparable subject, your site came up, it seems great. I have bookmarked it in my google bookmarks
    카지노사이트핫바둑이사이트넷토토사이트


    ReplyDelete
  14. Good day! I stumbled into your blog and thought this topic was extremely interesting. Your explanation of the subject was concise and simple to understand. I particularly appreciated how you explained [certain point]. I was forced to reevaluate my viewpoint on a similar subject, and I value the fresh perspectives. Interested in reading more from you. I anticipate reading more interesting content from you.

    abogado de divorcio sin oposición playa de virginia

    ReplyDelete