Tuesday 13 September 2022

Cara Sukses Merantau Ala Duniakifa

 

cara-sukses-merantau

Banyak orang yang merasa tersiksa ketika merantau. Terutama di masa awal penyesuaian diri. Rindu rumah, keluarga tersayang, teman dekat, dan sebagainya. Suasana yang sulit diterima barangkali juga mengambil peran penting sulit atau mudahnya adaptasi di tengah lingkungan baru. Bagiku, merantau paling sulit adaptasi ya saat ini. Tubuhku merasa belum bisa menerima cuaca ekstrim yang sering datang. Udara dingin, sering hujan, makanan yang dominan asin, menjadi hambatan sendiri bagiku mempercepat adaptasi.

Bulan pertama sampai di sini, aku sakit di minggu pertama. Makanan susah cari yang cocok, udara lebih dingin jadi harus pakai pakaian tebal. Bulan berikutnya, aku pulang beberapa hari untuk ngobati kangen. Bukannya merasa nyaman, malah capek di jalan. Setelah itu sebagian organ tubuhku protes, cepat lelah dan mudah sakit.

Sampai akhirnya, ada beberapa hal yang kusadari bisa menjadi amunisi untuk melancarkan misi adaptasi. Aku menggarisbawahi beberapa sikap yang harus kuambil baik selama adaptasi, juga mungkin sampai nanti, berikut diantara poin yang kurasa paling penting:

Sadari Kewajiban

Aku berada di sini karena kewajiban sebagai ASN. Ada pekerjaan yang harus kuselesaikan, orang-orang dan lingkunganbaru yang harus kuakrabi, dan untuk itu aku harus berdamai dengan diri sendiri. Menyadari bahwa “inilah dunia baruku”, memang tidak pernah mudah. Tapi bukan berarti tidak bisa.

Menyadari bahwa merantau ini adalah bagian dari konsekuensi dari pilihan hidup, adalah upaya untuk berdamai dengan keadaan. Setiap pilihan itu memiliki konsekuensi, yang sebagai manusia baik, kita harus melaksanakannya dengan baik, bukan sekadar menggugurkan kewajiban. Nikmati dunia baru sebagai wahana untuk belajar banyak hal. Bahasa mungkin, makanan, kebiasaan orang-orang, semuanya indah.

Terima Takdir

Merantau bagiku adalah bagian dari takdir. Aku yakin akan kebaikannya, karena sebelum itu rajin berdoa, minta petunjuk dan diberi jalan terbaik dalam hidup. Jadi ketika langkah berikutnya adalah perantauan, pasti itulah yang memang terbaik untukku.

Ketika jalan ini sudah kita yakini sebagai jalan terbaik, lalu mengapa harus merasa selalu ingin pulang? Bukankah ini “rumah baru” yang harus kuanggap biasa? Tentu saja pindah raga dan kesibukan jauh lebih mudah dari memindahkan perasaan. Akan tetapi, semoga keyakinan bahwa jalan inilah yang terbaik, bisa mempermudah proses kesadaran kita bahwa tidak hanya raga dan kesibukan yang sudah berpindah, tapi hati juga.

Ciptakan Bahagia

Kalau sebelumnya kita senang membaca buku, maka kebiasaan itu tetap bisa dipelihara setelah pindah. Begitu juga jika senang hiking, lihat konser, atau hobi lainnya. Di tanah rantau kita bisa mencari hal-hal menyenangkan tanpa perlu menunggunya datang menghampiri kita.

Yakin, selalu ada hal-hal yang patut disyukuri dalam perantauan. Hal-hal sederhana yang bisa bikin kita bahagia tanpa diminta. Maka sebelum kebahagiaan datang menjemput, kita bisa menciptakannya sendiri.

Aku biasa jalan-jalan pagi saat weekend. Kebiasaan itu mulai kubawa ke sini. Saat hari Sabtu atau Minggu tiba, kulangkahkan kaki keliling tempat tinggal. Ya meskipun rutenya masih itu-itu aja. Kalau nyasar terus capek kan malah ribet nanti pulangnya. Sekalian jalan pulang bisa ketemu tukang sayur, belanja beberapa bahan, masak di rumah. 

Perkara menciptakan bahagia ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kalau di tempat tinggal sekarang kurang nyaman, bisa pindah cari yang lebih enak. Kalau makan atau jajan sesuatu bisa bikin bahagia, lakukan saja. Ingat kalau bahagia dan sehatnya kita itu jauh lebih penting dari isi dompet dan ATM. Ya tetap harus mikir juga sih, isi ATM cukup ga nih sampai gajian berikutnya? hehehe

Pada post berikutnya insya Allah aku akan tulis tentang resep masakan sederhana ala anak kos yang males ribet. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya… kalian juga bisa request tema tulisan di blog ini. Feel free, tinggalkan usul di kolom komentar. Terima kasih…

1 comment:


  1. "Unlock the secrets to a successful migration with 'How to Successfully Migrate Duniakifa Style'—a comprehensive Union County reckless driving lawyer||New Jersey Sex Crimes Attorney|| guide that navigates the intricacies of Duniakifa's unique approach. From seamless transitions to maximizing cultural integration, this resource is your passport

    ReplyDelete